Batanghari (ANTARA News) - Dinas Perhubungan Kabupaten Batanghari dirikan Posko di delapan kecamatan dan melibatkan tenaga medis guna menghadapi arus mudik lebaran Idul Fitri 1432 H mendatang.

"Guna menghadapi arus mudik lebaran nanti, kita sudah siapkan posko yang disebar di masing - masing kecamatan yang ada di Kabupaten Batanghari," Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Batanghari, F. Hermanto, di Batanghari.

Dia menerangkan, adapun titik posko ditempat di delapan kecamatan antara lain Kecamatan Muaro Bulian, Pemayung, Marosebo Ulu, Marosebo Ilir, Muaro Tembesi, Mersam, Batin XXIV dan Bajubang.

Kemudian, guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan saat mudik nanti, pihaknya juga meminta kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat untuk menempatkan tenaga medis disana mulai dari H-7 hingga H+7.

"Kita sudah minta kepada Dinas Kesehatan untuk menempatkan tenaga medis di masing-masing posko mudik lebaran yang kita buat," katanya menambahkan.

Namun untuk jumlah tenaga yang bakal diturunkan, dirinya mengaku belum mendapatkan gambaran pasti berapa petugas Dinkes yang akan ditempatkan di setiap pos pengamanan tersebut.

Menurut dia, tenaga medis yang berperan membantu memberikan pertolongan bagi pemudik yang sakit untuk satu posko keamanan dibutuhkan minimal satu orang.

"Soal jumlah tenaga medis yang ditempatkan, masih dikordinasikan dengan pihak terkait dengan pos pengamanan lebaran ini," terangnya.

Dalam menjaga keamanan dan kelancaran arus mudik, pihaknya juga dibantu aparat kepolisian dari Mapolres Batanghari. Aparat senantiasa berjaga - jaga dan turut mengatur lalulintas kendaraan barang dan orang yang melintasi di wilayahnya.

Selain itu, mereka juga menggandeng berbagai dealer sepeda motor yang ada di Batanghari. Kepada pihak dealer diminta menempatkan sejumlah mekanik di tiap pos. Keberadaannya diharapkan dapat membantu pemudik yang sedang mengalami kerusakan pada kendaraannya. Sehingga tidak perlu repot mencari bengkel.

"Dishub memprediksikan akan ada kendaraan pemudik bermasalah. Dengan tersedianya tenaga mekanik, mereka tidak perlu susah untuk mendapatkan tempat servis," sambung pria itu.

Dia juga menghimbau kepada seluruh pemudik yang melintasi Kabupaten Batanghari, tidak segan-segan untuk mampir ke posko jika mengalami kendala di perjalanan. Mereka bisa langsung menuju pos pengamanan Dishub, atau minta tolong kepada mobil patroli Dishub yang akan selalu berpatroli.  (ANT263/S006/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011