Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang berpotensi terjadi di wilayah lereng Barat, Pantai Barat dan Pegunungan di Sumatera Utara.

"Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat tersebut berpotensi dapat menyebabkan banjir dan longsor yang dapat terjadi pada malam hari," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Utami Al Khairiyah, di Medan, Selasa.

Secara umum ia merinci kondisi cuaca di Sumut pada siang hari berawan dan berpotensi hujan ringan di Dairi, Pakpak Bharat, Kep Nias, Tapanuli Tengah, Simalungun, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Deli Serdang, Langkat , Karo dan sekitarnya.

Baca juga: BMKG: Waspada hujan lebat yang dapat menyebabkan banjir di Sumut

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan lebat yang dapat menyebabkan longsor di Sumut


Malam hari berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Dairi, Pakpak Bharat, Humbahas, Langkat, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Utara, Mandailing Natal, Padangsidimpuan, Tapanuli Selatan, Karo, Samosir, Toba dan sekitarnya.

Sementara suhu udara 17.0-33.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60-95 persen, angin berhembus dariBarat Laut-Timur Laut dengan kecepatan 10-30 km/jam.*

Baca juga: BMKG: 96,8 persen wilayah Indonesia hujan saat Natal dan tahun baru

Baca juga: Bibit siklon 94B berpotensi hujan lebat di Aceh dan Sumut

Pewarta: Juraidi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022