Tokyo (ANTARA) - Saham-saham Jepang berakhir merosot untuk hari keempat berturut-turut pada perdagangan Selasa, karena sentimen semakin memburuk setelah meningkatnya ketegangan di sekitar Ukraina.

Indeks acuan Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo (TSE) berakhir 1,71 persen atau 461,26 poin lebih rendah menjadi 26.449,61 poin, tetapi berhasil menghindari kerugian curam yang pada satu titik sempat anjlok 2,5 persen.

Indeks Topix yang lebih luas turun 1,55 persen atau 29,60 poin menjadi menetap di 1.881,08 poin, juga menandai sesi penurunan keempat berturut-turut.

Dari 225 saham konstituen Nikkei, 199 jatuh. Sektor konsumen adalah yang berkinerja terburuk, dengan bahan dasar dan teknologi juga menderita kerugian yang cukup besar.

Saham sektor perawatan kesehatan dan energi berhasil menambah keuntungan, dengan yang terakhir didukung oleh harga minyak dan yang pertama terangkat oleh reli 9,55 persen produsen obat Daiichi Sankyo setelah hasil positif untuk obat kanker Erhertu yang dikembangkan bersama dengan AstraZeneca.

Pasar Jepang akan ditutup pada Rabu (23/2/2022) untuk hari libur umum, menempatkan pelaku pasar dalam pikiran untuk menutup posisi, kata para pedagang.

Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan pengerahan pasukan ke dua wilayah yang memisahkan diri di Ukraina timur setelah mengakui mereka merdeka pada Senin (21/2/2022), mempercepat krisis yang dikhawatirkan Barat dapat memicu perang besar.

"Risiko di sekitar Ukraina telah berubah menjadi lebih buruk, tetapi pada saat yang sama, sebagian besar potensi berita buruk jangka pendek mungkin telah diperhitungkan oleh pasar," kata Makoto Kikuchi, kepala eksekutif Myojo Asset Management.

Level terendah 14 bulan Januari tepat di atas 26.000 kemungkinan akan memberikan dukungan kuat, katanya.

Pembuat chip Tokyo Electron adalah hambatan terbesar di Nikkei, jatuh 4,04 persen. Peers Advantest dan Renesas masing-masing anjlok 4,80 persen dan 5,53 persen.

Saham produsen elektronik Sharp terperosok 8,30 persen, menjadi penurunan terbesar untuk sesi kedua setelah mengubah kepala eksekutifnya.

Produsen mobil juga tenggelam, dengan Nissan anjlok 6,02 persen dan Toyota tergelincir 2,28 persen.

Di antara saham berorientasi konsumen, operator toko pakaian Uniqlo, Fast Retailing kehilangan 1,63 persen dan merupakan hambatan terbesar kedua di Nikkei.

Baca juga: Saham Jepang anjlok, tertekan memanasnya krisis Ukraina
Baca juga: Nikkei pangkas rugi awal besar, karena potensi pertemuan Biden-Putin
Baca juga: Saham Jepang ditutup melemah hari ketiga, Nikkei jatuh 0,78 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022