Mandat penggunaan masker di dalam ruangan masih tetap berlaku bagi para siswa dan staf di lingkungan sekolah LAUSD.
Jakarta (ANTARA) - Los Angeles Unified School District (LAUSD), distrik sekolah terbesar kedua di Amerika Serikat (AS), pada Selasa (22/2) mencabut mandat penggunaan masker di luar ruangan bagi siswa dan staf saat kasus COVID-19 terus menurun. 

"Sejalan dengan Departemen Kesehatan Masyarakat Los Angeles serta dengan bimbingan dari direktur medis dan mitra kesehatan kami, penggunaan masker di luar ruangan akan menjadi opsional untuk semua individu di sekolah-sekolah LAUSD yang efektif pada 22 Februari 2022," seperti disampaikan pihak distrik sekolah itu dalam sebuah pernyataan yang diunggah di situs webnya.

Namun, mandat penggunaan masker di dalam ruangan masih tetap berlaku bagi para siswa dan staf di lingkungan sekolah distrik tersebut.

LAUSD merupakan rumah bagi lebih dari 640.000 siswa mulai dari taman kanak-kanak hingga kelas 12 dengan 1.000 lebih sekolah. Distrik tersebut mencakup luas sekitar 1.839 kilometer persegi, serta mencakup Kota Los Angeles dan semua atau sebagian dari 31 kota yang lebih kecil ditambah beberapa wilayah lepas Los Angeles.

Daerah tersebut melonggarkan mandat penggunaan masker pada Rabu (23/2), menyarankan namun tidak lagi mewajibkan penggunaan masker di acara-acara besar di luar ruangan serta di area luar sekolah taman kanak-kanak hingga kelas 12 dan pusat penitipan anak.

Los Angeles, rumah bagi lebih dari 10 juta penduduk, pada pekan lalu mencapai tonggak suram jumlah kematian akibat COVID-19 mencapai lebih dari 30.000 jiwa.

Departemen Kesehatan Masyarakat Los Angeles pada Senin (21/2) melaporkan 1.345 kasus baru COVID-19 dengan 21 kematian. Satu bulan lalu, departemen tersebut mengonfirmasi 43.091 infeksi baru dan tambahan 65 kematian pada 21 Januari di tengah lonjakan kasus baru selama musim dingin yang dipicu oleh varian COVID-19 Omicron yang sangat menular.

Pejabat kesehatan masyarakat daerah tersebut berharap bahwa dengan penurunan tajam jumlah kasus yang terus berlanjut yang mengindikasikan tingkat penularan telah jauh lebih rendah, mereka dapat dengan aman mencabut mandat penggunaan masker di dalam ruangan pada pertengahan Maret mendatang. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022