Jakarta (ANTARA News) - Menteri BUMN Mustafa Abubakar mengatakan manusia jujur di perusahaan milik negara adalah elemen penting dalam meningkatkan nilai-nilai perseroan.

"SDM yang menjunjung tinggi kejujuran dalam menjalankan ketatakelolaan perusahaan akan menjadi faktor utama dalam mengembangkan suatu korporasi," kata Mustafa pada Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-66, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu.

Di depan anak buahnya yang diantaranya para Direksi BUMN, Mustafa mengungkapkan pula sentralnya peran BUMN dalam pembangunan ekonomi bangsa, baik di masa kini maupun di masa datang.

Dia menyebutkan sumbangsih BUMN baik langsung maupun tidak langsung mengalami peningkatan signifikan yang ditandai meningkatnya dividen, hasil privatisasi, kapitalisasi saham BUMN di pasar modal, program Kemitraan dan Bina Lingkungan, penyaluran Kredit Usaha Rakyat, dan pelaksanaan Public Service Obligation (PSO).

Kontribusi langsung kepada negara pada 2010 mencapai Rp130,4 triliun terdiri atas dividen sebesar Rp30,1 triliun, pajak Rp98,2 triliun, dan privatisasi Rp2,1 triliun.

Saat bersamaan, kontribusi tidak langsung dalam bentuk kapitalisasi pasar Rp819 triliun, PKBL Rp2,93 triliun, penyaluran KUR Rp17,2 triliun, PSO Rp180 triliun.(*)

R017/A041

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011