Kami dulu berjuang bersusah payah untuk merebut kemerdekaan agar masyarakat menjadi sejahtera, mengapa kini dihabiskan koruptor...
Denpasar (ANTARA News) - "Tindakan korupsi yang semakin merajalela di tanah air, telah melukai hati para veteran pejuang kemerdekaan," kata Wakil Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Markas Daerah Bali, Ida Bagus Raca.

"Kami dulu berjuang bersusah payah untuk merebut kemerdekaan agar masyarakat menjadi sejahtera, mengapa kini dihabiskan koruptor," ujar Raca, di sela-sela peringatan HUT proklamasi kemerdekaan Indonesia, di Denpasar, Rabu.

Kini, supaya rakyat sejahtera, kata Raca, satu-satunya jalan dengan memberantas korupsi karena kejahatan yang nista itu  telah membuat rakyat menjadi sengsara.

"Coba dana yang sekian triliun itu tidak korupsi, tentu dapat digunakan untuk membangun sekolah dan rumah sakit yang bagus untuk keperluan masyarakat," ucap veteran yang berusia 85 tahun ini.

Ia mengatakan, sesungguhnya kesadaran generasi penerus untuk mengisi kemerdekaan cukup baik, tetapi tindakan korupsi yang makin marak dilakukan telah menodai cita-cita kemerdekaan dan perjuangan para veteran.

"Semua harus bergerak bersama-sama, adakan tuntutan pada pemerintah agar korupsi ditangani sekeras mungkin. Malah kalau di Indonesia ada hukuman agar koruptor dibunuh, ya dibunuh saja," ucap Raca.

Media massa, kata Raca, tolong terus menyebarluaskan informasi yang berkaitan dengan pemberantasan korupsi supaya pihak-pihak yang ingin berbuat curang makin takut untuk berbuat korupsi.

"Para generasi muda, kami harapkan dapat meningkatkan kedisiplinan dalam mengisi kemerdekaan," harapnya. (*)


Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011