Jakarta (ANTARA) - Festival Film Internasional Hong Kong, yang dijadwalkan berlangsung mulai akhir Maret ditunda karena COVID-19.

Tak hanya itu, dikutip dari Variety pada Rabu, penyelenggara juga membatalkan pemutaran yang tersisa untuk komunitas Cine Fan.

Baca juga: Festival Film Hong Kong diikuti 68 negara

Keputusan ini mengikuti langkah pemerintah Hong Kong pada awal pekan ini untuk memperpanjang peraturan jarak sosial hingga 20 April 2022. Bioskop di seluruh wilayah Hong Kong juga telah ditutup atas perintah pemerintah sejak 7 Januari.

Festival Film Hong Kong edisi ke-46 awalnya dijadwalkan berlangsung selama 12 hari, yang dimulai pada 31 Maret-11 April. Penyelenggara akan menjadwal ulang festival dan pemutaran Cine Fan ke akhir tahun ini.

Sumber yang dekat dengan penyelenggara festival mengatakan bahwa sebelum pengumuman pemerintah, mereka telah berhasil mengunci 90 persen dari program.

Pasar FilMart dan Hong Kong – Asia Film Financing Forum (HAF), yang juga biasanya beroperasi pada bulan Maret, telah lama memilih format online saja untuk tahun 2022. FilMart akan berlangsung pada 14-17 Maret.

Pembatalan Festival Film Hong Kong ini adalah kedua kalinya dalam dua tahun pandemi. Pada tahun 2021, ketika Hong Kong memiliki tingkat penularan virus corona lokal yang sangat rendah, festival ini dapat dijalankan secara hibrida, dengan 190 film yang disajikan secara online dan pemutaran langsung, meskipun sedikit pengunjung asing.

Dalam mengejar apa yang disebut kebijakan nol-COVID, wilayah tersebut sebagian besar telah mengisolasi diri dengan pembatasan perbatasan yang ketat dan periode karantina yang panjang. Langkah ini sebagian besar berhasil menjinakkan gelombang penyakit sebelumnya.

Namun sejak awal tahun ini, varian Omicron telah memicu banyak kasus di wilayah tersebut dan mengancam kehidupan banyak warga lanjut usia yang enggan divaksinasi.

Pemerintah kota pada hari Selasa (22/2) meningkatkan langkah-langkahnya untuk mengalahkan virus, dengan memerintahkan tiga tes PCR wajib untuk semua penduduk mulai Maret, perpanjangan langkah-langkah jarak sosial, penutupan sekolah dan konfirmasi sistem izin vaksin yang direncanakan.




Baca juga: "Ito", perjalanan mencari makna keluarga dan jati diri

Baca juga: Festival Film Berlin catat 54 kasus positif COVID dari 2.700 tes

Baca juga: Usaha luar biasa jadi orang biasa dalam film "Under the Open Sky"

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022