Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan Masyarakat pemerintahan sementara Afghanistan meluncurkan sebuah kampanye vaksinasi polio nasional pada Senin (21/2), seperti disampaikan pihak pemerintah.

"Ini merupakan kampanye vaksinasi polio umum kedua pada 2022 yang bertujuan untuk memvaksinasi 9,1 juta anak di bawah usia lima tahun," jelasnya dalam sebuah pernyataan.

Sejumlah provinsi seperti Bamiyan, Daykundi, dan Ghor serta beberapa distrik di provinsi Ghazni dan Badakhshan tidak termasuk dalam kampanye yang sedang berlangsung itu karena cuaca dingin, kata pemerintah.
 
Tenaga kesehatan memberikan vaksin polio kepada seorang anak dalam sebuah kampanye vaksinasi antipolio di Mazar-i-Sharif, ibu kota Provinsi Balkh, Afghanistan, pada 22 Februari 2022. (Xinhua/Kawa Basharat


Kampanye selama tiga hari tersebut diluncurkan dalam kerja sama dengan Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), papar pernyataan itu.

Selama 2022, satu kasus positif polio telah dilaporkan di negara Asia tersebut, menurut pernyataan itu.

Afghanistan dan negara tetangganya Pakistan merupakan dua negara di dunia dengan kasus polio dilaporkan setiap tahunnya.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022