Pangkalpinang (ANTARA) - Kementerian Perdagangan Republik Indonesia menyatakan sembilan usaha kecil menengah (UKM) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung lolos kurasi untuk mendapatkan modal usaha dari BNI dalam mengembangkan usahanya.

"Tiga dari sembilan UKM ini akan mendapatkan bantuan permodalan dari BNI sebesar Rp500 juta," kata Staff Ahli Menteri Perdagangan Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga Syailendra saat menyaksikan penandatangan kerja sama Kemendag dengan Accor Southeast Asia dan BNI di Pangkalpinang, Rabu.

Kemendag selaku regulator dan fasilitator ekonomi masyarakat akan memberikan dukungan penuh dalam mengeluarkan kebijakan yang mendukung UKM dan diharapkan dapat memberikan kepastian dalam kegiatan produksi dan peningkatan akses pasar produk UKM secara berkelanjutan

"Kebutuhan hotel atas produk UKM ke depannya dapat terus ditingkatkan. Kegiatan ini diharapkan akan berlanjut di sejumlah provinsi lainnya," ujarnya.

Ia mengapresiasi Accor, BNI, Pemprov Bangka Belitung atas kolaborasi yang baik dan dukungan penuh dalam mensukseskan program pemerintah terkait peningkatan dan penggunaan produk dalam negeri melalui pemberdayaan UKM.

"Kegiatan dilakukan sesuai yang diamanatkan Presiden Jokowi yaitu memastikan memastikan serapan hasil produksi UKM melalui kerja sama antara Kementerian Lembaga, BUMN, dan/atau pemerintah daerah," katanya.

Chief Executive Officer Accor Southeast Asia, Japan, and South Korea Garth Simmons mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai komitmen Accor sebagai pelaku industri perhotelan dalam menyukseskan program pemerintah khususnya dalam sektor perdagangan.

“Kami berharap dapat berperan aktif dalam memberdayakan UKM dengan melakukan kurasi produk-produk yang akan dimanfaatkan untuk seluruh hotel-hotel kami.

Accor juga memprioritaskan keamanan dan kenyamanan yang diterapkan secara konsisten saat tamu berada di lingkungan hotel, ALLSAFE yaitu label kebersihan dan higienitas global Accor,” jelas Garth. Garth menambahkan, Accor juga mengupayakan mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) melalui kerja sama ini.

“Diharapkan sinergi dan kolaborasi ini memberikan banyak manfaat bagi semua pihak untuk mendorong pemulihan pariwisata Indonesia, khususnya sektor perhotelan,” katanya. 
Baca juga: Ketua DPD beri dukungan Rumah Kurasi Jatim, pacu ekspor produk UMKM
Baca juga: BNI-BI kurasi 111 produk UMKM Sulut masuk Gernas BBI dan BWI


 

Pewarta: Aprionis
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2022