Saya tidak akan mendahului sains sebab saya siap melalui ini semua dan kembali ke level kenormalan
Jakarta (ANTARA) - Kyrie Irving dalam waktu dekat bisa bermain lagi pada gim-gim kandang Brooklyn Nets, menyusul rencana pencabutan regulasi mandat vaksin di tempat-tempat tertentu di New York.

Irving musim ini sama sekali tak pernah main di Barclays Center, kandang Nets, dan hanya tampil dalam gim-gim tandang NBA lantaran New York memberlakukan mandat vaksin di wilayahnya untuk olahragawan tim-tim lokal.

Hal itu tampaknya akan berubah setelah Wali Kota New York Eric Adams pada Rabu setempat mengutarakan rencana mencabut mandat vaksin dan masker menyusul langkah yang sudah dilakukan beberapa kota besar Amerika Serikat lainnya di seperti Philadelphia, Boston dan dalam waktu dekat Chicago.

Baca juga: Komisioner Liga berharap Irving divaksinasi

Hanya saja, Adams tidak memberikan linimasa secara spesifik kapan aturan itu bakal dicabut di New York.

"Saya mengangkat topi kepada New Yorker atas masker mereka, vaksin mereka dan perilaku mereka menjaga jarak. Kita semua dilanda ketidakpastian, kekhawatiran akan COVID. Saya sangat bangga dengan cara kita semua merespons," kata Adams seperti dikutip dari Reuters, Kamis.

"Setiap pagi saya bertemu jajaran ahli kesehatan sebab saya selalu bilang akan mengikuti sains. Saya tidak akan mendahului sains sebab saya siap melalui ini semua dan kembali ke level kenormalan."

"Namun mereka memberi instruksi jelas. Ada tolok ukur, dan kami akan mengikuti tolok ukur itu. Tapi saya tak sabar melihat transformasi nyata dalam beberapa pekan ke depan, di mana saya tak harus menerka-nerka seperti apa wajah kalian. Kita bergerak ke arah yang tepat dan melakukannya dengan cara aman," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Kyrie Irving pilih jujur soal keputusan tak lakukan vaksinasi COVID-19

Irving sendiri baru mulai diizinkan bermain pada gim tandang NBA oleh Nets per 17 Desember lalu dan sejauh ini melantai di 14 laga dengan rataan kontribusi 24,1 poin dan 5,4 assist.

Dari 23 gim sisa musim reguler musim ini, Nets terancam tak bisa diperkuat Irving dalam 15 di antaranya karena mandat vaksin masih berlaku di New York.

Aturan mandat vaksin di New York sempat mendapat sorotan dari Komisioner NBA Adam Silver serta beberapa pemangku kepetingan olahraga, sebab hanya berlaku untuk pemain tim lokal tetapi pemain lawan yang bertandang dari kota lain tetap diizinkan tampil.

Baca juga: Trail Blazers kehilangan Jusuf Nurkic setidaknya empat pekan ke depan
Baca juga: Pukul pelatih lawan, mantan pebasket NBA diskors sisa musim NCAA

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022