Solo (ANTARA News) - Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Hussein mengatakan, pertandingan Tim Nasional Senior melawan Usia 23 (U-23), sama-sama menampilkan permainan bagus, terutama kerja sama dan semangat juangnya.

"Kedua tim sama-sama menampilkan permainan tehnik dan memiliki semangat juang tinggi," kata Djohar Arifin Hussein, usai pertandingan uji coba Timnas senior lawan U-23, di Stadion Manahan Solo, Kamis malam.

Menurut dia, timnas senior sudah bermain bagus, dan pelatih sudah tahu mana kekurangan dan kelebihannya. Mereka ke depan akan melakukan evaluasi untuk memperbaiki sebelum bertanding melawan Iran.

Selain itu, timnas U-23 juga untuk persiapan SEA Games, mereka bagus dalam pertahanan, dan kekurangan akan dievaluasi oleh pelatih.

Menurut Djohar, timnas senior pada babak kedua mengganti semua pemain, sehingga pelatih akan melihat kerja keras pemain dalam tim. Pelatih dalam uji coba ini tidak mau kemenangan, tetapi melihat kerja sama dan dimana lagi yang perlu adanya perbaikan.

Timnas senior tersebut, kata dia, diharapkan akan meningkat lagi saat uji coba melawan Palestina, di Stadion Manahan, pada 22 Agustus 2011.

"Kami melihat banyak peluang yang diciptakan dengan permainan atraksi para pemain timnas," katanya.

Meski calon lawan yakni Iran sangat jauh kelasnya dibanding timnas, tetapi mereka bermain penuh semangat dan memiliki motivasi tinggi dalam bertanding.

"Kita masih ada waktu untuk perbaikan, karena akan uji coba melawan Palestina dan Yordania, serta puncaknya tanggal 2 September melawan Iran nanti," katanya.

Selain itu, Djohar Arifin Hussein juga memberikan apresiasi kepada masyarakat Solo yang mendukung Timnas yang luar biasa. Meski, timnas hanya bertanding uji coba, tetapi masyarakat sangat antusias memadati Stadion Manahan Solo.

"Saya sangat apresiasi kepada masyarakat Solo, yang memadati Stadion Manahan, mendukung Timnas, meski hanya pertandingan uji coba. Penonton luar biasa," katanya.

Pelatih Timnas U-23 Rahmad Darmawan, mengatakan, untuk membentuk suatu oraganisasi tim sepak bola sangat sulit karena harus perlahan lahan dan bertahap menjadi suatu tim yang bagus.

Menurut dia, dirinya sangat bangga mempunyai pemain pemain muda, mereka memiliki motivasi yang kuat untuk bisa lebih baik lagi. Tim akan terus dibangun kondisi fisik mereka agar lebih baik.

"Pemain kami sudah menampilkan yang terbaik. Kami memiliki 18 pemain yang akan direkrut ke tim senior dan enam pemain sudah bergabung," katanya. (B018/A023/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011