Jakarta (ANTARA) - CEO Torch Ben Wirawan mengungkapkan bahwa melakukan bisnis secara digital sangat menguntungkan bagi sebuah produk.

"Setelah melewati berbagai tantangan dan hambatan saat berjualan offline, pilihan Torch bermigrasi dan memasarkan produk lewat online merupakan langkah yang paling tepat bagi bisnis kami," ungkap Ben saat diskusi daring, Kamis.

Sebelumnya sejak awal berdiri di 2015, Torch hanya memasarkan produk dengan cara offline. Dua tahun setelah itu, Ben menceritakan bahwa bisnisnya masih menggunakan pendekatan konvensional untuk memasarkan produknya. Produk Torch dipasarkan melalui distributor dan agen yang membawa rintangan bagi produk milik Ben itu.

Ben menceritakan, saat itu para agen seringkali tidak melunasi penjualan barang tepat waktu. Sehingga hal tersebut menjadikan Torch tidak bisa meraih omzet secara maksimal. Hingga akhir 2017, dengan kondisi keuangan yang memburuk, Ben puun akhirnya membawa produknya itu untuk dipasarkan secara digital melalui e-commerce Shopee.
Diskusi daring dengan Torch dan Shopee (ANTARA/HO)


Sejak bergabung dengan Shopee, Ben menjelaskan bahwa Torch telah berhasil menjangkau konsumen baru yang lebih luas yang ikut membantu meningkatkan penjualan produknya. Lebih lanjut, Ben mengatakan bahwa kini penjualan Torch telah bertumbuh dalam 5 tahun terakhir sebanyak 100 kali lipat.

"Dengan bergabung di Shopee, saat ini kami bisa melayani pesanan dari berbagai kota dan kabupaten di Indonesia. Merupakan suatu kebanggaan bagi saya bahwa produk hasil karya Torch dapat dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat dengan mudah," katanya.

Tak hanya itu, Ben juga menceritakan bahwa Torch telah dipercaya sebagai official merchandise dari Jakarta Film Week dan telah memenangkan 2 penghargaan Indonesia Good Design Selection serta menjadi salah satu penerima penghargaan Golden Beuhinia Excellence Award di China.

"Hal ini yang lah yang menjadi dorongan bagi kami untuk tidak berhenti berinovasi dalam menunjukkan kualitas produk yang merupakan keunggulan Torch. Tentunya tidak berhenti sampai sini saja, kami memiliki pencapaian luar biasa yang telah kami siapkan," ujar Ben.

"Torch akan menghadirkan kolaborasi bersama Marvel di tahun ini yang patut ditunggu oleh masyarakat luas. Bagi kami, ini merupakan ajang pembuktian bahwa Torch sebagai brand asli Indonesia layak mendapatkan kepercayaan dari brand internasional kecintaan masyarakat Indonesia," tambahnya.

Hingga sampai pada beberapa akhir bulan tahun 2021 lalu, Torch berturut-turut memecahkan rekor penjualan baru mengalahkan angka-angka yang sebelumnya pernah diraih. Selain itu pada puncak kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale tahun lalu, Torch juga berhasil memperoleh jumlah penjualan tertinggi yang mencapai lebih dari 2,000 produk terjual dalam satu hari.

Menyambut kampanye Shopee 3.3 Fashion Sale tahun ini, Torch akan menyuguhkan promo belanja menguntungkan antara lain Diskon untuk semua produk Torch dengan Extra Voucher dan Flash Sale Discount di jam-jam tertentu hingga 50 persen. 

Baca juga: Kisah Sejauh Mata Memandang, mencari peluang dari yang terbuang

Baca juga: Shopee dukung industri fesyen lewat kampanye "3.3 Fashion Sale"

Baca juga: Sambut Valentine, Blibli siapkan program cari kado "Pasti Ketemu"



​​​​​

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022