Cincinnati, Ohio (ANTARA News) - Unggulan utama Novak Djokovic melaju ke putaran ketiga Kamis (Jumat WIB) tetapi peringkat kedua dunia Rafael Nadal mendapat tekanan berat sebelum maju ke perempat-final turnamen Cincinnati Masters

Nadal memperpanjang rekor kemenangannya atas Fernando Verdasco, tetapi membutuhkan tiga "tiebreak" untuk mengatasi rekannya sesama asal Spanyol itu dengan angka 7-6 (7/5), 6-7 (4/7), 7-6 (11/9), sedangkan pemain nomor satu dunia Djokovic menundukkan pemain Ceko Radek Stepanek 6-3, 6-3, pada pertandingan di lapangan tengah.

Tiga pemain unggulan di bagian putera maju Kamis setelah unggulan ketiga dari Swiss, Roger Federer, melaju ke perempat-final dengan menggulingkan pemain dari AS James Blake pada laga petang, dengan hasil 6-4, 6-1.

Mungkin bukan pempilan terbaiknya, tetapi Djokovic mengalahkan petenis kualifikasi Stepanek untuk memperbaiki rekornya musim ini dengan torehan amat brilian, 55-1. Ia menyempurnakan penampilannya dengan catatan 31-0 di turnamen lapangan keras.

"Pertandingan terasa amat lamban dan payah. Terkadang memang saya merasakan seperti ini, rasanya seperti sedang tidak bermain. Tapi saya benci dengan kekalahan, jadi saya harus berusaha menang. Itu yang menjadi motivasi saya," kata Djokovic.

Djokovic memenangi 71 persen dari servis awalnya dibanding dengan 37 persen yang dibuat Stepanek.

Federer memperbaiki rekornya melawan Blake menjadi 10-1 ketika petenis Swiss itu mendominasi servis pada pertandingan yang berlangsung sekitar 54 menit.

Sebagai kontrasnya, Nadal yang berusia 25 tahun, membutuhkan waktu tiga jam 37 menit untuk menghabisi permainan Verdasco.

"Saya amat gembira dengan kemenangan ini. Amat ketat dan amat melelahkan bagi kami berdua," kata Nadal.

Petenis unggulan kedua Nadal memperbaiki penampilannya menjadi 12-0 atas petenis yang tidak diunggulkan Verdasco, yang membuat 41 kesalahan sendiri sedangkan Nadal melakukan 31 kesalahan.

"Saya menikmati pertandingan bagus," kata Verdasco, "Tapi ketika kita kalah, itu bukan kalah yang mudah bagi lawan. Itulah permainan tenis."

Nadal membuat pukulan "winner" lebih sedikit dari Verdasco -- 29 banding 48 -- tetapi lebih konsisten lewat pukulan beragam dan hanya membuat dua kesalahan ganda sedangkan lawannya membuat tujuh.

Pada pertandingan kedua itu, Nadal masih membalut dua jari tangan kananya, karena terbakar ketika memegang pinggan panas di restoran awal minggu ini.

Nadal selanjutnya akan berhadapan dengan unggulan ketujuh dari AS, Mardy Fish, yang mengalahkan pemain dari Prancis Richard Gasquet, 7-5, 7-5.

"Saya amat gembira dapat melaju dan saya kini sudah berada di perempatfinal," kata Nadal, yang tidak bermain pada partai ganda hari itu.

Fish kehilangan semua enam pertandingannya melawan Nadal, sejak pertemuan awal pada 2006.

Pada pertandingan putaran ketiga putera lainnya, Kamis, pemain dari Ceko Tomas Berdych menagalahkan lawannya Nicolas Almagro dari Spanyol 6-2, 6-2 dan unggulan keempat dari Inggris Andy Murray mengalahkan petenis AS Alex Bogomolov 6-2, 7-5.

Di bagian puteri, unggulan keempat Maria Sharapova menyudahi permainan rekan senegaranya dari Rusia, Svetlana Kuznetsova, 6-2, 6-3, dan pemain dari Australia Samantha Stosur mengalahkan Li Na dari

China, 6-4, 3-6, 6-4, Andrea Petkovic dari Jerman mengalahkan pemain Ceko Petra Kvitova 6-3, 6-3 dan unggulan kedua Vera Zvonareva menang atas petenis kualifikasi Petra Martic, 6-2, 6-2.

Serena Williams mundur dari turnamen itu Rabu karena mengalami cedera pada tumitnya, sehingga Stosur dapat istirahat satu hari sebelum bertemu dengan Li, juara bertahan Prancis Terbuka.

"Saya amat menyesal karena ia mundur," kata Stosur, yang sudah tiga kali mengalahkan Li musim ini.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011