Jakarta (ANTARA) - Rafael Nadal mengundurkan diri dari Monte Carlo Masters padahal juara Grand Slam 22 kali itu diharapkan bangkit dalam ATP Tour.

"Sayangnya saya harus memberi tahu Anda bahwa saya tidak akan bermain di Monte Carlo. Badan saya tidak mengizinkan saya," kata petenis Spanyol berusia 37 tahun itu melalui akun media sosial miliknya, Kamis.

Pemegang rekor juara 11 kali Monte Carlo itu melewatkan hampir seluruh musim 2023 karena cedera dan hanya bermain di Brisbane International musim ini ketika cedera pinggulnya kambuh.

Dia kalah melawan Carlos Alcaraz dalam pertandingan eksibisi di Las Vegas pada Maret sebelum mundur dari Indian Wells Masters yang menjadi tempat dia pertama kali berniat bangkit.

"Bahkan jika saya bekerja keras dan melakukan upaya maksimal setiap hari dengan segala keinginan untuk bermain dan berkompetisi lagi dalam turnamen yang sangat penting bagi saya, kenyataannya saya tidak bisa bermain hari ini," ujar Nadal.

Baca juga: Nadal diperkirakan kembali di lapangan tanah liat Monte Carlo

"Satu-satunya hal yang bisa saya lakukan adalah menerima situasi ini dan berusaha melihat ke depan, menjaga semangat dan kemauan untuk bermain demi memberi saya kesempatan agar segalanya menjadi lebih baik."

Spesialis lapangan tanah liat itu, seperti dilaporkan AFP pada Jumat, turun ke peringkat 646 ATP dan seharusnya menggunakan kesempatan masuk undian utama di Monte Carlo, ajang Masters 1000 lapangan tanah liat pertama pada musim 2024.

Dari 11 kemenangan Nadal dalam ajang tersebut, terakhir terjadi pada 2018. Dia kemudian tersingkir pada semifinal 2019, perempat final 2021 dan melewatkan edisi 2020, 2022 dan 2023.

Dia dijadwalkan menggunakan Monte Carlo sebagai batu loncatan menuju French Open terakhirnya, yang sudah 14 kali dia juarai.

Baca juga: Nadal mundur dari Indian Wells Masters

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024