Jakarta (ANTARA) - Carlos Alcaraz tidak akan bisa mempertahankan gelarnya di Barcelona Open setelah ia terpaksa mundur dari turnamen ATP 500 tersebut karena cedera lengan kanan, cedera yang sama juga menyebabkan petenis peringkat dunia itu absen di Monte-Carlo Masters pekan lalu.

Dikutip dari laman resmi ATP, Senin, Alcaraz kini berharap dapat melakukan debut lapangan tanah liat pada 2024 di Mutua Madrid Open, di mana ia juga mengangkat trofi tersebut dalam dua tahun terakhir.

Alcaraz yang berusia 20 tahun memiliki rekor menang kalah 15-4 sejauh ini pada 2024, hitungan yang mencakup pencapaian gelar ATP Masters 1000 kelimanya di Indian Wells.

Sementara itu, pemegang rekor juara 12 kali Rafael Nadal akan mengikuti Barcelona Open, ​​di mana ia akan menghadapi petenis Italia Flavio Cobolli di babak pembukaan.

Baca juga: Rafael Nadal akan kembali bermain di ajang ATP pekan depan

"Saya senang berada di sini, tentu saja, Barcelona adalah tempat yang memberi saya banyak kegembiraan, dan tempat saya menghabiskan banyak waktu dalam hidup saya," kata Nadal dalam drawing Barcelona Open, dikutip dari ATP.

"Real Club Tenis Barcelona adalah klub saya, saya sangat menikmati berada di sini selama beberapa hari."

"Selama dua tahun terakhir saya hanya punya sedikit hari tur, jadi menghabiskan hari-hari di sini, bertemu orang-orang, bisa berlatih bersama para pemain adalah suatu kebahagiaan," ujar petenis Spanyol berusia 37 tahun itu.
 
Petenis Spanyol Carlos Alcaraz meninggalkan lapangan usai dikalahkan Tommy Paul dari Amerika Serikat, pada babak perempat final Toronto Masters 2023 di Sobeys Stadium, Kanada, Jumat waktu Toronto. (ANTARA/AFP/VAUGHN RIDLEY.)

Baca juga: Alcaraz tersingkir dari Miami Open usai kalah dari Dimitrov

Di bagian bawah undian, unggulan kedua Andrey Rublev akan berusaha untuk menghidupkan kembali musim 2024 dengan kinerja yang baik di Spanyol.

Perempat finalis 2023 itu akan menghadapi Daniel Evans atau Brandon Nakashima untuk memulai upayanya itu.

Unggulan ketiga Casper Ruud yang mengalahkan Novak Djokovic dan menjadi finalis Monte Carlo Masters -- usai kalah dari Stefanos Tsitsipas -- akan bersiap untuk pertandingan pembuka melawan Albert Ramos-Vinolas atau Alexandre Muller.

Petenis lain di empat besar di Monaco, Stefanos Tsitsipas, memulai pertandingannya di Spanyol melawan Pavel Kotov atau Sebastian Ofner.

Baca juga: Alcaraz mundur dari Monte Carlo karena cedera
Baca juga: Sinner bersyukur bisa ambil hikmah kalah dari Alcaraz

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024