Jakarta (ANTARA) - Rafael Nadal akan kembali bermain di ajang ATP untuk pertama kalinya sejak Januari, saat ia bermain melawan Flacvio Cobolli di Barcelona Open pekan depan.

Juara Grand sebanyak 22 kali itu hanya bermain satu kali, yakni dalam pertandingan persahabatan, sejak mengalami cedera pinggul ketika dikalahkan Jordan Thompson di perempat final Brisbane Open, demikian dikutip dari AFP.

Turnamen Barcelona Open juga rencananya akan diikuti kompatriot Nadal, yakni Carlos Alcaraz. Petenis peringkat ketiga dunia itu mengundurkan diri dari Monte Carlo Masters pekan ini karena cedera lengan kanan.

Berbeda dengan Nadal, juara Barcelona Open dua kali, Alcaraz, mendapat bye pada putaran pertama karena ia merupakan petenis unggulan.

Nadal melewatkan mayoritas musim 2023 karena cedera, dan baru bermain di Brisbane International pada musim ini.

Cedera di Brisbane International membuat juara French Open 14 kali itu mengundurkan diri dari Australian Open, serta ajang di Doha dan Indian Wells. Sebelumnya ia sempat berniat akan kembali memainkan tenis kompetitif di Indian Wells.

Satu-satunya penampilan Nadal sejak Brisbane Open adalah pertandingan persahabatan melawan Alcaraz di Las Vegas pada Maret. Pada laga tersebut, sejumlah pengamat menilai Nadal masih merasa tidak nyaman pada punggungnya.

Dengan 2024 kemungkinan akan menjadi tahun terakhir Nadal untuk mengikuti tur, ia kemungkinan akan berusaha mempersiapkan diri agar dapat tampil maksimal di turnamen tanah liat yang menjadi favoritnya, yakni French Open pada Juni mendatang.

Baca juga: Nadal diperkirakan kembali di lapangan tanah liat Monte Carlo
Baca juga: Nadal mundur dari Indian Wells Masters


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024