Jakarta (ANTARA) - Rafael Nadal dengan berat hati memutuskan mundur dari turnamen Indian Wells karena merasa belum siap untuk bermain di level ATP Masters 1000 menjelang pertandingan pembukanya yang dijadwalkan Kamis.

Pengumuman tersebut disampaikan Nadal melalui unggahan akun media sosial miliknya, Kamis pagi WIB.

"Dengan sangat sedih saya harus mengundurkan diri dari turnamen yang luar biasa ini," ujar petenis Spanyol itu.

"Semua orang tahu betapa saya sangat menyukai tempat ini dan betapa saya sangat suka bermain di sini, di Indian Wells. Itu juga salah satu alasan mengapa saya datang lebih awal ke turnamen gurun ini untuk berlatih dan mencoba bersiap."

Keputusan mengejutkan itu terjadi empat hari setelah Nadal kalah dari rekan senegaranya yang juga petenis peringkat dua dunia Carlos Alcaraz dalam pertandingan ekshibisi yang digelar Netflix di Las Vegas akhir pekan lalu.

"Saya telah bekerja keras dan berlatih dan Anda semua tahu saya mengikuti tes akhir pekan ini tetapi saya belum siap untuk bermain di level tertinggi di acara penting seperti itu," kata petenis berusia 37 tahun itu.

"Ini bukanlah keputusan yang mudah, ini adalah keputusan yang sulit, namun saya tidak bisa membohongi diri sendiri dan membohongi ribuan penggemar. Saya akan merindukan kalian semua dan saya yakin turnamen ini akan sukses besar."

Baca juga: Murray awali Indian Wells Masters dengan kemenangan atas Goffin

Direktur turnamen Indian Wells Tommy Haas mengungkapkan kekecewaannya atas mundurnya Nadal.

"Kami berharap dia kembali fit dan berharap dia bisa segera kembali beraksi," kata Haas, dikutip dari AFP.

"Dia adalah salah satu favorit penggemar sepanjang masa di sini dan kami berharap dapat melihatnya kembali di Indian Wells lagi di masa depan."

Nadal melewatkan hampir seluruh musim 2023 karena cedera perut dan cedera lainnya dan hanya bermain di Brisbane International musim ini, di mana ia mengalami cedera pinggul yang parah.

Setelah mengalami cedera otot di Brisbane pada Januari, Nadal mengundurkan diri dari Australian Open, Grand Slam pertama musim ini.

Dia kemudian membatalkan rencana untuk kembali beraksi di Qatar Open pada Februari dengan mengatakan dia "belum siap untuk berkompetisi."

Juara Grand Slam 22 kali itu dijadwalkan tampil di Indian Wells pada babak pertama, Kamis, melawan mantan finalis Wimbledon asal Kanada Milos Raonic.

Baca juga: Alcaraz bertekad pertahankan gelar Indian Wells Masters
Baca juga: Swiatek berjanji tampil maksimal menjelang Olimpiade Paris

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024