London (ANTARA News) - Penulis cerita thriller, James Patterson menjadi pengarang yang memiliki bayaran termahal setelah memiliki pendapatan yang bernilai 84 milyar dolar di tahun lalu, menurut majalah Forbes

Sebagaimana dikutip dari laman BBC, perkiraan pendapatannya berbeda jauh dari peringkat pengarang terkaya kedua, Danielle Steel, yang meraup 35 milyar dolar dari periode Mei 2010 hingga april 2011, ungkap survei itu.

Forbes menggunakan data penjualan untuk mengkompilasi daftar yang dibuatnya, seperti data yang berasal dari agen buku, manajer toko dan para editor.

Anehnya, tidak ada tempat di jajaran 10 besar untuk pengarang Harry Potter JK Rowling.

Patterson yang produktif itu kerap bekerja dengan rekan pengarang lainnya yang menerbitkan 10 buku di tahun lalu sebagai bagian dari 17 buku yang disepakati dengan penerbit Hachette yang dilaporkan bernilai 150 milyar dolar.

Pria berusia 64 tahun itu menulis novel untuk pasar remaja dengan topik misteri pembunuhan dan dalam bentuk e-book.

Sebuah film terbaru yang terinpirasi dari karakter detektif rekaannya Alex cross, yang dibintangi Tyler Perry, akan dirilis tahun depan.

Alex Cross, mengikuti kesuksesan film tahun 1997' Kiss the Girls dan tahun 2001 Along Came a Spider, dimana para jagoan Patterson di perankan oleh Morgan Freeman.

Penulis horror Stephen King berada diperingkat ketiga dengan perolehan 28 M dolar, sementara penulis kisah misteri Janet Evanovich berada di peringkat keempat dengan meraup 22 milyar dolar.

Pengarang Twilight Stephanie Meyer dan penulis petualangan Rick Riordan masing masing memperoleh perkiraan pendapatan sebesar 21 milyar dolar, yang keduanya tergabung dalam peringkat kelima.

Sementara itu tidak ada tempat di jajaran 10 besar bagi pengarang Harry Potter JK Rowling , yang menurut keterangan Forbes hanya memperoleh 5 milyar dolar selama setahun itu.

Berdasarkan keterangan Forbes Jeff Bercovivi meski menjual bukunya dengan edisi elektronik dalam laman Pottermore yang baru dipastikan akan mendapatkan perolehan yang lebih tinggi pada tahun ini.

"Hingga kini, Rowling menolak menjual setiap edisi elektronik dari bukunya, untuk meninggalkan pangsa pasarnya pada sebuah kategori yang penjualannya hampir tiga kali lipat di AS tahun lalu senilai 441 milayar dolar." tulis Rowling.

Berikut adalah daftar 10 pengarang terkaya versi Forbes itu :

    * 1. James Patterson - $84m
    * 2. Danielle Steel - $35m
    * 3. Stephen King - $28m
    * 4. Janet Evanovich - $22m
    * 5 = Stephenie Meyer/ Rick Riordan - $21m
    * 7. Dean Koontz - $19m
    * 8. John Grisham - $18m
    * 9. Jeff Kinney - $17m
    * 10. Nicholas Sparks - $16m.
(yud)

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011