London (ANTARA News) - Untuk pertama kali upacara peringatan HUT ke-66 Indonesia dilakukan di luar ruangan di Konsulat Jenderal Indonesia di Dubai. Temperatur udara sampai 40 derajad Celcius, namun semua peserta upacara tetap antusias.

Konsul Jenderal RI Dubai, Mansyur Pangeran, bertindak selaku pembina upacara yang dilakukan pukul 17.00 waktu setempat di halaman gedung KJRI Dubai.

"Ini pertama kalinya dilakukan di luar ruangan sejak KJRI Dubai berdiri pada 2003," ujar Kepala Fungsi Pensosbud KJRI Dubai, Adiguna Wijaya, kepada ANTARA di London, Kamis.

Sekitar 400 WNI di Dubai mengikuti upacara itu. Bukan cuma dari kota Dubai saja, karena mereka juga berasal dari Sharjah, Ajman, Ras al Khaimah, dan Fujairah yang berjarak 180 kilometer dari Dubai di Emirat Arab itu.

Mereka sudah berdatangan beberapa jam sebelum upacara dimulai. "Saya berterima kasih dan penghargaan atas antusiasme yang tinggi dan kehadiran masyarakat Indonesia pada upacara bendera KJRI Dubai," kata Pangeran.

Dia menyatakan juga upaya peningkatan ekonomi bilateral Indonesia UAE, terutama di sektor perdagangan, investasi dan pariwisata.

Kerja sama ekonomi bilateral Indonesia dengan PEA mencatat prestasi yang positif dengan total nilai mencapai 1,963 miliar dolar AS pada tahun 2010 atau meningkat 20 persen dibandingkan dengan tahun 2009 hanya 1,55 miliar dollar AS, dengan surplus di pihak Indonesia sebesar 988.000.000 dolar AS.

Akan tetapi, kata dia, hal ini masih belum maksimal karena masih banyak potensi yang dapat dikembangkan kedua negara.  (ANT.ZG)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011