Jakarta (ANTARA) -
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat mewaspadai potensi hujan disertai kilat dan angin kencang di wilayah Jakarta Timur pada Jumat siang dan sore hari.
 
"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di sebagian wilayah Jakarta Timur pada siang dan sore hari," demikian pernyataan peringatan dini BMKG yang dilansir dari laman resmi mereka, Jumat.

Disebutkan, cuaca pada pagi hari di seluruh wilayah DKI Jakarta diperkirakan cerah berawan.

Beranjak pada siang hari, wilayah administrasi Jakarta Timur diperkirakan hujan ringan. Sedangkan wilayah lainnya berawan. Pada malam hari, seluruh wilayah di DKI Jakarta diperkirakan berawan.

Baca juga: TCWC: Tekanan rendah Laut Timor picu hujan lebat sebagian Indonesia

Namun, BMKG mengingatkan wilayah penyangga Ibu Kota seperti Bogor dan Depok diperkirakan mengalami hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang antara siang hingga malam hari.

Hujan di wilayah Bogor mempengaruhi debit Bendung Katulampa yang melintas melalui Kali Ciliwung menuju ibu kota Jakarta. Sedangkan hujan di Depok berkontribusi pada peningkatan debit di hulu Kali Sunter.

Untuk wilayah penyangga lainnya, seperti Bekasi diprakirakan mengalami hujan petir dan Tangerang diprakirakan hujan ringan pada malam hari.

Sementara itu, untuk suhu udara di provinsi DKI Jakarta diperkirakan berkisar 23-32 derajat Celcius. Sementara prakiraan kelembaban udara berkisar 60-95 persen.

Baca juga: BMKG ingatkan potensi hujan lebat di sebagian besar wilayah Indonesia

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022