Merak (ANTARA News) - Sebanyak dua regu gegana dari Polda Banten akan melakukan pengamanan dan pemantauan arus mudik dan balik lebaran 1432 H di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon.

"Akan dipersiapkan dua regu dari Gegana Polda Banten, dimana satu regu berjumlah lima personel, dengan demikian seluruhnya ada 10," kata Kapolres Cilegon, AKBP Umar Surya Fana, Sabtu.

Penempatan dua regu tim gegana bersenjata lengkap diturunkan untuk mengamankan arus mudik lebaran, dimaksudkan mengantisipasi bila terjadi teror atau tindak kriminal pada arus mudik lebaran.

Tim gegana ini katanya, akan bertugas selama 24 jam, non stop, dan akan mulai dilakukan pada H-7 sampai H+7, atau pada tanggal 23 Agustus sampai 7 September 2011.

"Pada H-7 seluruh personel sudah siap dan menempatkan posisi, sesuai dengan arahan, dan harapan kami kelancaran arus mudik dan balik lebaran akan lancar dan aman seperti tahun-tahun sebelumnya," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Detasemen Gegana Brimob Polda Banten AKBP Agus Rasyid mengatakan, penempatan tim gegana didalam areal Pelabuhan Merak untuk memudahkan jika terjadi tindakan kriminalitas yang berhubungan dengan teror bom.

"Kami siagakan mereka di dalam pelabuhan, sama seperti pada arus mudik dan lebaran tahun sebelumnya, dengan harapan pengamanan arus mudik lebaran tahun ini lancar dan kondusif," katanya menambahkan.

Diketahui, untuk pengamanan arus mudik dan balik lebaran tahun 2011, bukan saja tim gegana dari Polda Banten yang akan melakukan pengamanan, tetapi sedikitnya ada 200 personel Brimob yang merupakan BKO dari Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, serta ratusan personel lagi dari Polres Cilegon.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011