Persiapan menjelang Ramadhan, kami lakukan beberapa rapat koordinasi dengan sejumlah lembaga pemerintah mengenai strategi dalam menjamin ketersediaan dan stabilisasi harga pangan meliputi minyak goreng, gula dan daging
Jakarta (ANTARA) - Badan Pangan Nasional (Bapanas) atau National Food Agency (NFA) melakukan persiapan dengan memperkuat sinergi dengan sejumlah lembaga pemerintah ataupun kementerian menjelang Ramadhan tahun ini.

“Persiapan menjelang Ramadhan, kami lakukan beberapa rapat koordinasi dengan sejumlah lembaga pemerintah mengenai strategi dalam menjamin ketersediaan dan stabilisasi harga pangan meliputi minyak goreng, gula dan daging,” ujar Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Arief mengatakan bahwa Presiden menugaskan Bapanas agar dapat menjaga stabilitas harga dan pasokan beberapa komoditas pangan sampai jelang Ramadhan dan Idul Fitri 2022.

Mengenai ketersediaan pangan daging untuk persiapan Ramadhan dan Idul Fitri, Bapanas akan melalui skema penugasan kepada BUMN yaitu Holding Pangan ID Food dan Bulog untuk melakukan operasi stabilisasi pasokan dan harga daging sapi/kerbau, khususnya di wilayah Jabodetabek.

“Persiapan Ramadhan dan Idul Fitri 2022 akan berkoordinasi dengan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian, Asosiasi Importir dan Rumah Potong Hewan (RPH), BUMN Holding Pangan ID Food dan Bulog,” kata Arief.

Menjelang persiapan Ramadhan, Kepala Bapanas juga melakukan rapat koordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri, Kementerian, Lembaga dan Asosiasi dalam persiapan bahan pokok pangan menjelang puasa dan Idul Fitri.

Kepala Satuan Tugas (Satgas) Pangan Bareskrim Polri Irjen Pol Helmy Santika mengatakan perlu bersinergi sebagai langkah konsolidasi bersama untuk mempersiapkan ketersediaan pangan menjelang Ramadhan dengan harapan dapat mencapai stabil harga pangan, ketersediaan pangan, distribusi pangan, dan meyakinkan masyarakat bahwa jelang Ramadhan stok aman.

Sesuai tugas Bapanas menyelenggarakan fungsi koordinasi pelaksanaan kebijakan ketersediaan pangan, termasuk stabilitas pasokan dan harga pangan.

Guna persiapan menjelang Ramadhan 2022, Bapanas akan berkolaborasi dengan Kementerian, Satgas Pangan, Pemerintah Daerah dan Pemangku Kepentingan lainnya dalam pelaksanaan ketersediaan pangan.

Baca juga: Peneliti: Bapanas harus libatkan multipihak wujudkan ketahanan pangan

Baca juga: Kewenangan tiga kementerian akan dilimpahkan pada Bapanas


 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022