Medan (ANTARA News) - Pengacara senior Adnan Buyung Nasution mengatakan dewasa ini integritas Presiden Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sedang diuji terkait komitmennya mempercepat pemberantasan korupsi.

"Dalam kedudukannya saat ini sebagai Presiden maupun sebagai Ketua Dewan Pembinan Partai Demokrat, publik sedang menunggu dan berharap SBY mampu mengambil langkah-langkah nyata terutama dalam upaya pemberantasan korupsi,"katanya di Medan, Sabtu disela peringatan Dies Natalis ke-59 Universitas Sumatera Utara.

Ia mengatakan, SBY perlu membuktikan kepada seluruh rakyat Indonesia bahwa ia tetap konsisten dan konsekuen dalam pemberantasan korupsi, yakni dengan melakuan tindakan nyata yang bisa diawali dengen memecat dan memperoses secara hukum kader-kader partainya sendiri yang sudah bersalah.

Salah satu yang mendesak adalah memperbaiki kinerja pemerintahan dengan melakukan perombakan kabinet secara total.

"Sebagai catatan menteri-menteri pengganti itu pun sebisa mungkin berasal dari berbagai latar belakang yang mewakili keragaman maupun kemajemukan bangsa Indonesia,"katanya.

Pada kesempatan itu ia mengatakan bahwa dewasa ini rakyat semakin menyadari kebutuhan akan sosok pemimpin yang berintegritas. Hal ini yang semakin hari justru tidak tampak dalam sosok kepemimpinan SBY.

"Langgam kepemimpinannya yang lamban dan kurang responsif membuat banyak urusan menjadi tetap terbengkalai. Terkadang ia reaktif terhadap hal-hal sepele yang tidak semestinya menjadi fokus dan prioritas," katanya.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011