Ekspansi ini merupakan bentuk lain dalam strategi internasionalisasi J&T Express, dan kami berharap dapat memberikan pengalaman jasa kirim yang menyenangkan bagi pelanggan Meksiko melalui layanan yang efisien dan berkualitas tinggi
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan jasa pengiriman J&T Express resmi merambah pasar Amerika Latin, tepatnya Meksiko setelah sukses berekspansi di Asia Tenggara, China hingga Timur Tengah.

Masuknya decacorn asal Indonesia itu ditandai dengan adanya 12 pusat sortir dan 26 titik distribusi J&T Express di Meksiko, yang mencakup wilayah utama di 32 negara bagian Meksiko.

"Meksiko merupakan ekspansi pertama kami di luar kawasan Asia sejauh ini. Kami melihat adanya potensi pasar di Meksiko yang saat ini termasuk sebagai salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia dan eksportir terbesar di Amerika Latin sehingga dengan adanya J&T Express Meksiko menjadi langkah awal kami di pangsa pasar Amerika," kata CEO J&T Express Indonesia Robin Lo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Sebagai aspek penting dari layanannya, aplikasi J&T Express versi Meksiko juga akan segera diluncurkan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan.

Sementara itu, CEO J&T Express Meksiko Ryan Zhang mengatakan Meksiko adalah pusat logistik di Amerika Latin, dan pusat bagi banyak perusahaan Amerika Latin.

Ekspansi yang dilakukan perusahaan dinilai jadi saluran strategis bagi untuk melanjutkan ekspansi di pasar global.

"Ekspansi ini merupakan bentuk lain dalam strategi internasionalisasi J&T Express, dan kami berharap dapat memberikan pengalaman jasa kirim yang menyenangkan bagi pelanggan Meksiko melalui layanan yang efisien dan berkualitas tinggi," kata Ryan.

Dilansir dari worldbank.org dengan populasi hampir 130 juta, Meksiko adalah salah satu dari 15 ekonomi terbesar di dunia dan ekonomi terbesar kedua di Amerika Latin.

Negara ini memiliki institusi ekonomi makro yang kuat, dan terbuka untuk perdagangan. Hal ini terbukti dengan pemulihan ekonomi secara cepat dan baik yang terjadi pada 2021 setelah menghadapi penurunan di awal 2020 karena pandemi Covid-19.

Sebelumnya, J&T Express telah hadir di 10 negara dan wilayah termasuk Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Kamboja, Singapura, China, UEA, dan Arab Saudi.

Menyusul kesuksesan ekspansi tersebut, ekspansi di Meksiko merupakan titik awal J&T Express di Amerika Latin dengan bertujuan untuk lebih mengembangkan pasar negara berkembang dan memperluas jejak globalnya di masa mendatang.

Baca juga: J&T Express ekspansi ke UEA dan Arab Saudi

Baca juga: Bisnis jasa pengiriman barang selama pandemi meningkat


 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022