Jakarta (ANTARA) - Perusahaan jasa pengiriman ekspres J&T Express akan mendirikan kantor pusat regional The Middle East and North Africa (MENA/Timur Tengah dan Afrika Utara) di Riyadh, Arab Saudi.

J&T Express juga akan membangun kawasan industri logistik pintar (smart logistic industrial park) terbesar di kawasan itu bersama eWTP Arabia Capital dan mitra lainnya, sebagaimana disampaikan Founder J&T Group Jet Lee dalam acara LEAP Summit di Arab Saudi.

"Kawasan industri akan memenuhi permintaan logistik yang berkembang di wilayah tersebut, melayani konsumen dan mitra J&T Express, dan meningkatkan pengalaman layanan pengiriman," kata Jet Lee dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Rencana proyek smart logistics industrial park tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani General Authority of Civil Aviation (GACA) dengan J&T Express dan eWTP Arabia Capital yang turut dihadiri dan disaksikan oleh Menteri Investasi Arab Saudi Khalid Al-Falih, Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Arab Saudi Abdullah Alswaha, President GACA Abdulaziz Al-Duailej, dan Ketua Federasi Saudi untuk Keamanan Siber, Pemrograman, dan Drone (SAFCSP), Anggota Dewan Komunikasi dan Informasi Technology Commission (CITC) Faisal Alkhamisi.

Dengan penandatanganan proyek ini, J&T Express berkomitmen untuk menumbuhkan bakat profesional, berinvestasi dalam teknologi dan peralatan canggih, dan membangun smart logistic industrial park terbesar di MENA dalam 10 tahun ke depan.

Proyek tersebut juga akan menjadikan Arab Saudi sebagai hub global dan pusat operasi strategis untuk seluruh pasar regional.

Kawasan logistik akan mencakup pusat penyortiran berkelas dunia, sistem pergudangan otomatis, terminal kargo udara, e-commerce industrial parks dan modern industrial parks.

Hal itu akan memberikan layanan berbasis teknologi paling canggih kepada mitra ekosistemnya dalam waktu dekat dan mendorong pertumbuhan yang kuat di sektor ritel dan manufaktur lokal dengan tujuan dalam menjadikan Arab Saudi sebagai gerbang penting yang menjembatani Asia, Eropa, dan Afrika serta membantu Saudi Arabia mencapai Visi 2030.

Decacorn asal Indonesia itu pada Januari 2022 baru saja melakukan ekspansi bisnisnya di Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA).

J&T Express telah menjangkau 10 negara, termasuk Indonesia, Vietnam, Malaysia, Thailand, Filipina, Kamboja, Singapura, China, sejak didirikan pada 2015 lalu.

Baca juga: SiCepat Ekspres raih penghargaan pelayanan pelanggan
Baca juga: J&T catat pengiriman lima juta paket per hari sepanjang Ramadhan
Baca juga: Perusahaan logistik dan ekspedisi diingatkan risiko sosial pekerjanya

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022