Pemerintah Inggris dan perusahaan Airbus yang didukung melalui pembiayaan UK Export Financing
Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menerima kunjungan Duta Besar Inggris untuk Indonesia, ASEAN, dan Timor Leste H.E Owen Jenkins, dan keduanya kemudian membahas kerja sama terkait pembangunan Satelit Indonesia Raya 2 (SATRIA-2).

“Hari ini saya dikunjungi oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia H.E. Mr. Owen Jenkins. Menindaklanjuti diskusi atau pembicaraan tentang UK Export Finance untuk mendukung SATRIA-2,” ujar Johnny dalam siaran persnya, Jumat.

Menurut Johnny, SATRIA-2 akan dibangun Airbus dan merupakan High Throughput Satellite (HTS) kedua milik Indonesia dengan kapasitas dirancang seperti SATRIA-1 sebesar 150Gbps.

Baca juga: Satelit SATRIA raih penghargaan di PFI Awards 2021

Dalam perbincangannya itu, kehadiran SATRIA-2 akan didukung oleh Pemerintah Inggris untuk memperkuat layanan satelit bagi Indonesia.

Untuk menyambut baik rencana itu, Menkominfo memastikan dirinya akan bertandang ke Inggris dan membahas lebih lanjut bersama Airbus serta Pemerintah Inggris untuk kehadiran SATRIA-2.

Lebih lanjut, Johnny mengatakan SATRIA-2 telah masuk dalam Green Book Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

“Sehingga skema yang dilakukan dimungkinkan melalui direct lending ke pemerintah Indonesia. Untuk itu, dokumen-dokumen pembiayaannya nanti akan dibicarakan antara UK Export Financing dengan Kementerian Keuangan. Karena hal ini untuk meningkatkan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Inggris,” jelasnya.

Duta Besar Owen Jenkins mengapresiasi pertemuan dengan Menkominfo Johnny G. Plate. Menurutnya pertemuan ini akan memperkuat jalinan kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Inggris, khususnya di sektor teknologi informasi dan komunikasi.

Baca juga: BAKTI rencanakan satelit cadangan untuk SATRIA-1

“Pemerintah Inggris dan perusahaan Airbus yang didukung melalui pembiayaan UK Export Financing dapat membantu Pemerintah Indonesia dalam menyiapkan kebutuhan akses internet. Melalui keuangan ekspor Inggris, kami dapat mendukung pekerjaan luar biasa yang dilakukan oleh Bapak Menteri Kominfo untuk menyediakan akses internet di seluruh kepulauan yang menakjubkan ini,” ujar Owen.

Duta Besar Owen Jenkins menyambut baik rencana kunjungan Menkominfo Johnny G. Plate ke Inggris ke Inggris.

Menteri Johnny dijadwalkan akan menghadiri Global System for Communication Association International Communication Union Congress (GSMA ITU Congress). Selain itu, Menkominfo juga melakukan lawatan kerja ke Spanyol dan Perancis.

“Kami sangat menantikan kunjungan Bapak Menteri Kominfo ke Inggris dan menunjukkan lebih banyak mengenai teknologi dan penawaran keuangan yang dimiliki Inggris,” tutup Owen.

Baca juga: Menkominfo : 11 satelit bumi dukung operasional SATRIA-1

Baca juga: Menkominfo: 11 Satelit Bumi Dukung Operasional SATRIA-1

Baca juga: Pemerintah fokus kuatkan jaringan middle mile setelah BTS 4G daerah 3T

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022