Jakarta (ANTARA) - Seng atau zinc adalah nutrisi yang memainkan banyak peran penting dalam tubuh. Namun karena tubuh tidak dapat memproduksinya secara alami, Anda harus mendapatkannya melalui makanan atau suplemen.

Sebelum mengetahui makanan apa saja yang mengandung zinc, ada baiknya memahami apa itu zinc, fungsi, manfaat dan efek sampingnya bagi tubuh.

Baca juga: Pahami miskonsepsi stunting agar tak keliru saat beri nutrisi balita

Dikutip dari Healthline, zinc dianggap sebagai nutrisi yang penting, artinya tubuh tidak dapat memproduksi atau menyimpannya sehingga Anda perlu mendapatkan asupan zinc secara konstan melalui asupan makanan atau suplemen.

Zinc diperlukan untuk berbagai proses dalam tubuh termasuk ekspresi gen, reaksi enzimatik, fungsi kekebalan, sintesis protein, sintesis DNA, penyembuhan luka dan tumbuh kembang.

Zinc secara alami ditemukan dalam berbagai macam makanan nabati dan hewani. Makanan yang tidak secara alami mengandung mineral ini, seperti sereal sarapan, snack bar dan tepung roti, sering diperkaya dengan bentuk zinc sintetis.

Baca juga: Keju yang baik menurut pakar nutrisi

Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen zinc atau suplemen multi-nutrisi yang menyediakan zinc. Karena perannya dalam fungsi kekebalan, zinc juga ditambahkan ke beberapa semprotan hidung, pelega tenggorokan dan perawatan flu alami lainnya.

Zinc adalah mineral penting yang digunakan tubuh dalam banyak cara. Faktanya, zinc adalah mineral paling melimpah kedua di tubuh setelah zat besi dan hadir di setiap sel. Zinc diperlukan untuk aktivitas lebih dari 300 enzim yang membantu metabolisme, pencernaan, fungsi saraf, dan banyak proses lainnya. Selain itu, penting untuk perkembangan dan fungsi sel kekebalan.

Mineral ini juga penting untuk kesehatan kulit, sintesis DNA, dan produksi protein. Terlebih lagi, pertumbuhan dan perkembangan tubuh bergantung pada zinc karena perannya dalam pertumbuhan dan pembelahan sel.

Zinc juga dibutuhkan untuk indera perasa dan penciuman Anda. Karena salah satu enzim yang penting untuk rasa dan bau yang tepat bergantung pada nutrisi ini, kekurangan zinc dapat mengurangi kemampuan untuk merasakan atau mencium.


Baca juga: Mengenal propolis lebah, nutrisi dan manfaat bagi kesehatan

Baca juga: Cara ideal santap telur menurut pakar nutrisi

Baca juga: Konsultasi gizi keluarga kini bisa lewat Dapur Umami Tanya NutriExpert

Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022