Rencana pengerjaan proyek ini akan dilaksanakan di ruas jalan Kota Bekasi dengan perkiraan panjang jalur saluran ducting 608.673 meter
Jakarta (ANTARA) - PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo) dipercaya Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, melakukan pembangunan prasarana telekomunikasi bawah tanah (ducting) dan menara telekomunikasi di ruas jalan Kota Bekasi dalam rangka pengembangan kota pintar (smart city).

"Rencana pengerjaan proyek ini akan dilaksanakan di ruas jalan Kota Bekasi dengan perkiraan panjang jalur saluran ducting 608.673 meter dan perkiraan pembangunan sebanyak-banyaknya 373 menara telekomunikasi seluler (mikro seluler/micro cell pole/MCP) di jalur jalan Kota Bekasi," kata Wakil Presiden Moratelindo Jimmy Kadir dalam siaran persnya di Jakarta, Jumat.

Jimmy mengatakan rencana pembangunan proyek tersebut ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman (MoU) kerja sama penyediaan prasarana pasif telekomunikasi yang berlangsung pada Jumat di Media Centre Patriot Candrabagha, Kota Bekasi.

Ia mengatakan dalam kurun waktu tiga tahun, Moratelindo dan anak perusahaannya telah membangun proyek infrastruktur telekomunikasi di Indonesia melalui kerja sama dengan pemerintah pusat maupun kota.

Kerja sama ini diawali dengan peresmian pembangunan proyek strategis nasional infrastruktur Palapa Ring Barat pada 2018 dan diikuti peresmian Palapa Ring Timur pada 2019 oleh Presiden Joko Widodo.

Jaringan Palapa Ring Barat sudah mulai beroperasi sejak 2018, sedangkan Jaringan Palapa Ring Timur mulai beroperasi sejak 2019.

Pada Desember 2019, Moratelindo juga membentuk kerja sama operasi bersama PT Bhumi Pandanaran Sejahtera (Perseroda) yang dilanjutkan dengan Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Januari 2020 dalam proyek penyediaan pelayanan publik prasarana pasif telekomunikasi.

Dalam proyek ini, KSO BPS-Moratelindo membangun, mengimplementasikan, dan mengoperasikan ducting di ruas jalan Kota Semarang dengan panjang 506.064 meter dan menara telekomunikasi selular di Kota Semarang.

Baca juga: Hawaiki-Moratelindo garap infrastruktur komunikasi kabel bawah laut
Baca juga: Moratelindo mulai bangun saluran kabel serat optik di Semarang
Baca juga: Perusahaan telekomunikasi Moratelindo tawar sukuk ijarah Rp277 miliar

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022