Jakarta (ANTARA News) - Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Celebrate the Sea Festival 2011 yang rencananya digelar di Sintesa Peninsula Hotel, Manado, Sulawesi Utara, pada 23-25 September 2011.

Direktur Jenderal Pemasaran Pariwisata Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar), Sapta Nirwandar, dalam jumpa persnya di Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan Ocean Environment Australia akan menyelenggarakan Celebrate the Sea Festival 2011.

"Celebrate the Sea Festival merupakan event tahunan kompetisi pencitraan laut dan kompetisi seni terbesar di kawasan Asia Pasifik, yang kali akan diikuti lebih dari 25 negara di seluruh belahan dunia," katanya.

Penyelenggaraan Celebrate the Sea Festival di Manado akan dirangkai acara antara lain forum konservasi laut, presentasi film dan foto, lomba foto bawah air internasional, lomba seni, serta seminar dengan mengundang para tokoh kelautan dunia dan gala award ceremony.

Menurut Sapta, Celebrate the Sea Festival sangat potensial menjadi event pencitraan bawah air terbesar di kawasan Asia Pasifik, setelah Mondial de l`Image Sous Marine (Festival Foto Bawah Air Dunia) yang diselenggarakan setiap tahun di Marseille, Perancis, yang penyelenggaraan tahun ini merupakan ke-39 kalinya.

"Melalui penyelenggaraan Celebrate the Sea Festival 2011 yang memasuki tahun ke-10, kita ingin mempromosikan keindahan dan kekayaan laut Indonesia ke seluruh dunia," kata Sapta.

Penyelenggaraan festival Celebrate the Sea 2011, menurut dia, juga akan menjadi ajang utama untuk mempromosikan konservasi, wisata bahari, memberikan pendidikan dan hiburan untuk menciptakan kesadaran yang lebih besar terhadap lingkungan laut Indonesia.

Dalam festival itu digelar pameran foto terbaik peserta lomba foto bawah air internasional, festival film bawah air, maupun forum dan seminar samudera dengan mengundang para pembicara tokoh kelautan dunia.

Beberapa tokoh yang akan hadir di antaranya Emory Kristof (National Geographic Explorer-penemu Titanic), Howard & Michelle Hall (sineas - DEEP SEA & Coral Reef Eden IMAX 3D), Chou Loke Ming PhD (National University of Singapore), dan Mark Erdmann, Ph.D (Penasehat Senior, Indonesia Marine Program).

Selain itu, Michael AW (penulis Richest Reefs Indonesia, Beneath Bunaken, Ocean Geographic), Mathieu Meur (penulis Essential Digital Underwater Photography), Steve Jones (penjelajah, wartawan foto bawah air), dan Joe Moreira (Pemred Ocean Geographic), Ronny Rengkung (fotografer bawah air Indonesia), serta Valerie Taylor ahli dan pelestari hiu dari Australia.
(T.H016)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011