Serbuan Vaksinasi COVID-19 Lantamal VIII tidak hanya dilaksanakan di perkotaan tetapi juga di pulau-pulau yang jauh dari kota dan transportasinya minim seperti di Pulau Kinabuhutan
Manado (ANTARA) - TNI Angkatan Laut melalui Lantamal VIII Manado kembali melakukan "Serbuan Vaksinasi Masyarakat Maritim" untuk melindungi warga dari penularan COVID-19, di Pulau Kinabuhutan, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Minggu.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, di Manado, Minggu, mengatakan Serbuan Vaksinasi COVID-19 Lantamal VIII tidak hanya dilaksanakan di perkotaan tetapi juga di pulau-pulau yang jauh dari kota dan transportasinya minim seperti di Pulau Kinabuhutan.

"Semua ini dilakukan semata-mata untuk memberikan kemudahan serta kesempatan yang sama bagi masyarakat dalam menerima vaksinasi," katanya.

Ia menambahkan vaksinasi yang dilaksanakan ini merupakan perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono untuk membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran COVID-19.

Lantamal VIII dan jajaran menggelar serbuan vaksinasi di beberapa tempat, baik di luar maupun di dalam pangkalan, di antaranya di Pulau Kinabuhutan, Kabupaten Minahasa Utara.

Kemudian di PT. Pertamina Kecamatan Maesa Kota Bitung, Gereja Eklesia Kelurahan Bungalawang Kabupaten Kepulauan Sangihe, di Kelurahan Bulotadaa Timur Kota Gorontalo, Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud serta di Tolitoli.

Lalu, di Pulau Kinabuhutan dilakukan Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal VIII menurunkan dua dokter, vaksinator dan beberapa tenaga kesehatan berhasil memberikan vaksin kepada 168 orang yang terdiri atas sembilan orang menerima dosis pertama, 109 orang menerima dosis kedua dan 50 orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac dan Astrazeneca.

Sementara itu dokter, vaksinator dan tenaga kesehatan dari Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) dr. Wahyu Slamet Bitung yang menggelar vaksinasi COVID-19 di depan PT Pertamina, Maesa, Kota Bitung, berhasil memberikan vaksin kepada 116 orang, dengan rincian 22 orang menerima dosis pertama, 59 orang dosis kedua dan 35 orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac, Astrazeneca, Pfizer dan Moderna.

Pada kegiatan vaksinasi tersebut ditinjau langsung Walikota Bitung Maurits Mantiri, didampingi Aspotmar Danlantamal VIII Kolonel Laut (KH) Florendo V Jacobus.

Selanjutnya Lanal Tahuna menggelar vaksinasi di Gereja Eklesia Kelurahan Bungalawang, Kecamatan Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Pada kegiatan tersebut berhasil memberikan vaksin kepada 46 orang, tiga orang menerima dosis pertama, 17 orang menerima dosis kedua dan 26 orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac dan Astrazeneca.

Kemudian Lanal Gorontalo melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 di Kelurahan Bulotadaa Timur, Kecamatan Sipatana, Kota Gorontalo, berhasil memberikan vaksin kepada 40 orang diantaranya 24 orang menerima dosis pertama dan 16 orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac, Astrazeneca, Pfizer dan Moderna.

Lanal Melonguane bertempat di Balai Pengobatan Lanal berhasil memberikan vaksin kepada 18 orang yang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Astrazeneca.

Sedangkan vaksinasi COVID-19 di Lanal Tolitoli terdata enam orang, menerima baik dosis kedua maupun ketiga menggunakan vaksin Pfizer.
Selama kegiatan selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat, sehingga sampai dengan selesai tidak ditemukan kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI).

Baca juga: Lantamal VIII laksanakan vaksinasi di Tempat Pelelangan Ikan Tumumpa

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 anak-lansia terus digiatkan Lantamal VIII

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 dosis ketiga digelar Lantamal VIII

Baca juga: "Serbuan Vaksinasi Maritim" digelar TNI-AL di Taman Kota Tolitoli
.

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022