Jakarta (ANTARA News) - Palang Merah Indonesia (PMI) membuka akun rekening bank khusus yang akan menghimpun dana kemanusiaan untuk membantu bencana kemanusiaan yang terjadi di Somalia.

"Kami mohon partisipasi masyarakat di Indonesia untuk dapat mendonasikan bantuannya bagi rakyat Somalia," kata Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla, dalam keterangan tertulis PMI yang diterima di Jakarta, Rabu.

Untuk itu, PMI juga menggalang dana bantuan melalui rekening Bank Mandiri Kantor Cabang (KC) Jakarta Krakatau Steel nomor 070-00-0637957-9 atas nama Palang Merah Indonesia-Somalia.

Menurut Jusuf Kalla, rekening tersebut juga merupakan bentuk komitmen PMI dalam membantu rakyat Somalia sekaligus memudahkan masyarakat di Indonesia yang ingin membantu meringankan penderitaan rakyat Somalia.

Ketua Umum PMI juga telah bertemu dengan Duta Besar Somalia untuk RI Mohamud Olow Barow yang mengunjungi Markas Pusat PMI di Jakarta, Selasa (23/8).

Dalam kunjungan itu, Dubes Somalia menyatakan permohonan dukungan serta doa dari masyarakat Indonesia terhadap bencana kelaparan yang melanda negerinya.

Bencana kekeringan di Somalia dua bulan terakhir telah mengakibatkan ratusan ribu masyarakat menderita kekurangan gizi dan kelaparan. Kondisi ini diperparah dengan adanya konflik yang mengakibatkan tertahannya bantuan pangan ke rakyat Somalia. (M040)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011