Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan jalan tol Manado-Bitung diharapkan mampu memacu pertumbuhan ekonomi baru di daerah tersebut.

"Setelah diresmikan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, maka jalan tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 kilometer tuntas dan siap dimanfaatkan untuk mendukung seluruh aktivitas masyarakat di Sulut," kata Olly, di Manado, Senin.

Dengan beroperasinya jalan tol Manado-Bitung, diharapkan akan bermunculan pelaku usaha baru dan lokasi perekonomian baru yang mampu menopang pemulihan ekonomi saat ini.

Apalagi, katanya, mobilitas barang akan semakin lancar, dan perputaran ekonomi di daerah pastinya akan semakin baik.

Gubernur menjelaskan jalan tol ini memangkas waktu tempuh dari Manado ke Bitung yang sebelumnya 1,5-2 jam, sekarang hanya dengan waktu 35 menit.

Sehingga, katanya, aktivitas distribusi barang dari pelabuhan Bitung menuju pusat perdagangan Kota Manado semakin lancar dan cepat.

"Jalan tol ini akan mempermudah pengiriman logistik, mobilitas barang, mobilitas orang dari Manado ke Bitung, Manado ke Pelabuhan Internasional Bitung," jelasnya.

Pihaknya berharap pertumbuhan ekonomi di Sulut melebihi dari angka nasional, karena di tahun 2021 di Sulawesi Utara memang di atas pertumbuhan ekonomi nasional.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Utara (Sulut) Asim Saputra mengatakan ekonomi Sulut tumbuh sebesar 4,16 persen di tahun 2021.

"Sebanyak 16 lapangan usaha tumbuh positif, dengan pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha penyediaan akomodasi dan makan minum sebesar 12,72 persen," kata Asim.

Dari sisi pengeluaran, katanya, semua komponen tumbuh positif kecuali pada komponen pengeluaran konsumsi pemerintah dan pertumbuhan tertinggi terjadi pada komponen ekspor barang dan jasa sebesar 9,23 persen.

Perekonomian Sulut berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku tahun 2021 mencapai Rp 142,60 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp 91,79 triliun.

Struktur ekonomi Sulut tahun 2021 didominasi oleh lima lapangan usaha berturut-turut sebagai berikut pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 21,08 persen.
Baca juga: PT PP: Tol Manado-Bitung dukung pengembangan kawasan industri Sulut
Baca juga: Presiden: Tol Manado-Bitung munculkan titik baru pertumbuhan ekonomi
Baca juga: Presiden buka opsi akses KEK Likupang saat resmikan Tol Manado-Bitung

 

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2022