Saya ingin semua personel TNI-AD dan PNS di sini melek internet dan tidak gaptek. Dalam jangka panjang, kami ingin membangun posko bencana...
Sidoarjo (ANTARA News) - Jadi tentara itu banyak tuntutannya, di antara hal itu tidak gagap teknologi. Komando Distrik Militer (Kodim) 0816/Sidoarjo, Komando Daerah Militer V/Brawijaya, mencontohkan itu sejalan rencana pemasangan jaringan internet bagi 18 Komando Rayon Militer di wilayah operasinya.

Menurut Komandan Kodim 1806/Sidoarjo, Letnan Kolonel Infantri A Miftahuddin, saat menghadiri  pelatihan internet bagi perwira di jajarannya, setiap Koramil dilengkapi minimal satu unit perangkat komputer yang terhubung dengan internet.

"Saya ingin semua personel TNI-AD dan PNS di sini melek internet dan tidak gaptek. Dalam jangka panjang, kami ingin membangun posko bencana yang terhubung dengan BPBD dan Polres Sidoarjo melalui sarana internet," katanya.

Pelatihan internet itu bukan cuma bagi kalangan perwira dan staf. Setelah perwira staf dan perwira komandan, pelatihan serupa juga diberlakukan untuk bintara, tamtama, dan pegawai negeri sipil di jajaran Kodim 1806/Sidoarjo.

Program itu, katanya, merupakan antisipasi dari rencana penerapan teknologi informasi di lingkungan TNI AD, mulai dari tingkat pusat hingga paling bawah.

"Saat ini aksesnya baru sampai tingkat kodim, tetapi ke depan akan diperluas hingga ke tingkat koramil," tambah Miftahuddin didampingi General Manager Consumer Service Telkom Jatim, Joko Rahardjo. Dia menjadi pihak penyedia jaringan yang diajak bermitra.

Program pelatihan internet bagi perwira dan staf Kodim 1806/Sidoarjo diikuti sebanyak 55 orang dan terbagi dalam lima angkatan (setiap angkatan 11 orang), karena keterbatasan fasilitas BLC Telkom setempat.

Menurut Manajer Telkom Sidoarjo, Iwan Rusdarmono, materi pelatihan yang diberikan antara lain pengenalan internet, pembuatan surat elektronik (email) dan sejumlah aplikasi konten internet yang dibutuhkan.

"Sebelum ini, kami juga telah melatih berbagai komunitas masyarakat, seperti guru, pelajar, karang taruna, UKM, dan juga jajaran kepolisian," katanya.

GM Consumer Service Telkom Jatim, Joko Rahardjo, berharap edukasi pemanfaatan teknologi informasi dapat menunjang kelancaran tugas personel Kodim Sidoarjo, termasuk dalam pengamanan Lebaran.

"Misalnya, bagaimana memantau lalu lintas dan lokasi strategis di jalur mudik dengan menggunakan IP kamera yang terkoneksi internet," ujarnya. (D010)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011