Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan, Sumatera Barat mengirimkan 10 orang tenaga medis yang terdiri atas dua orang dokter dan delapan paramedis untuk membantu masyarakat Pasaman Barat yang tertimpa musibah gempa bumi.

"Kami juga membawa persediaan obat serta peralatan yang dibutuhkan saat memberikan bantuan kepada korban gempa di Pasaman Barat," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan Erawati di Padang Aro, Selasa.

Baca juga: Polri salurkan bantuan bagi korban gempa Pasaman dan Pasaman Barat

Baca juga: BMKG ungkap temuan patahan baru gempa di Pasaman Barat


Dia berharap dengan 10 tenaga medis beserta peralatan dan obat yang dikirim bisa mempercepat pemulihan masyarakat yang terdampak gempa bumi di Pasaman Barat.

Petugas kesehatan yang dikirim akan bekerja sama dan berkoordinasi dengan Pemkab Pasaman Barat supaya penanganan masyarakat lebih cepat dan efektif.

Selain tenaga medis, Pemkab Solok Selatan juga menyalurkan bantuan berupa uang tunai Rp50 juta dan bahan makanan senilai Rp100 juta berasal Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSLP).

Selain itu, TP PKK Solok Selatan juga memberikan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp3 juta serta dari Baznas Rp15 juta.

Bantuan dari Solok Selatan berupa sembako, seperti beras, mi instan, air minum kemasan, telur, minyak goreng, dan lainnya serta paket kebersihan keluarga dan paket perangkat sekolah.

Baca juga: BMKG imbau pengungsi Pasaman yang rumahnya masih kokoh untuk pulang

Bupati Solok Selatan Khairunas berharap yang dibawa untuk Pasaman Barat ini dapat sedikit meringankan beban dan memberikan motivasi baru untuk bangkit kembali.

Gempa bumi bermagnitudo 6,1 mengguncang wilayah Pasaman Barat pada Jumat (25/2) pukul 08.39 WIB. Menurut BMKG, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022