Prajurit TNI-AD... menjaga keutuhan NKRI di pedalaman diperintahkan meningkatkan kewaspadaan, ya ancaman kelompok separatis masih nyata di masyarakat...
Biak, Papua (ANTARA News) - Prajurit TNI-AD di wilayah Korem 173/PVB Biak telah disiagakan untuk membantu polisi dalam pengamanan hari raya Idul Fitri 1432 H.

Komandan Korem 173/PVB Biak, Kolonel (Inf) Hendri P Lubis, di Biak, Kamis, membenarkan bahwa setiap prajurit TNI-AD yang bertugas di Kodim Biak, Serui, dan Nabire/Paniai, diperbantukan untuk pengamanan lebaran.

"Saya harapkan prajurit TNI yang disiagakan membantu pengamanan lebaran bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada semua masyarakat yang merayakan hari raya Idul Fitri 1432 H,"kata Lubis. Pelibatan personel TNI-AD dalam pengamanan Lebaran kali ini juga bisa dipandang sebagai operasi militer selain perang.

Ia mengatakan, secara umum kondisi keamanan di wilayah Korem 173/PVB masih kondusif meski dalam sebulan terakhir telah terjadi gangguan keamanan di pedalaman Papua. Hal itu dilakukan kelompok separatis  dengan cara menyerang pos prajurit TNI.

Dia berharap, dalam menghadapi hari raya Idul Fitri 1432 H situasi keamanan tetap kondusif sehingga setiap kegiatan masyarakat tetap berjalan seperti biasanya.

"Prajurit TNI-AD yang bertugas menjaga keutuhan NKRI di pedalaman diperintahkan meningkatkan kewaspadaan, ya ancaman kelompok separatis masih nyata di masyarakat," kata Lubis.

Menyinggung kelompok perampas dua pucuk senjata Polri di pedalaman Paniai, menurut Danrem Biak, TNIdan Polri bersama,tokoh adat dan tokoh masyarakat sedang melakukan pendekatan persuasif untuk pengembalian senjata bersangkutan.

"Sampai saat ini upaya pihak TNI-Polri dibantu tokoh masyarakat dan agama masih melakukan mediator untuk pengembalian senjata Polri yang dirampas kelompok tertentu di pedalaman Paniai, ya identitas perampas senjata sudah diketahui,"ujarnya. (M039)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011