Madiun (ANTARA) - PT INKA (Persero) melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terkait pengembangan kendaraan listrik di lingkungan pendidikan tinggi.

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro dengan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nizam dalam pertemuan yang diadakan secara daring pada Selasa 1 Maret 2022.

Direktur PT INKA (Persero) Budi Noviantoro mengatakan kerja sama tersebut merupakan momentum untuk mengembangkan riset dan inovasi kendaraan listrik, serta kolaborasi antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dan industri untuk mewujudkan program magang bersertifikat sebagai bagian dari Program Kampus Merdeka.

"Kerja sama ini merupakan bagian dari Program Kampus Merdeka. Kami PT INKA mendukung penuh dalam memberikan fasilitas baik dalam hal fisik, data, maupun informasi yang dibutuhkan untuk menyukseskan program tersebut," ujar Budi Noviantoro dalam keterangannya di Madiun, Selasa.

Baca juga: INKA gandeng PTBA kembangkan kendaraan tambang bertenaga listrik

Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Nizam mengatakan kerja sama tersebut merupakan kolaborasi antara perguruan tinggi dengan industri yang diharapkan menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul serta menciptakan inovasi pada bidang industri. 

Melalui perjanjian kerja sama tersebut PT INKA akan menjadi tempat untuk belajar dan berproses dalam program pengembangan bus listrik merah putih perguruan tinggi.

"PT INKA sebagai tempat belajar dan berproses dalam pengembangan bus listrik, di mana para mahasiswalah yang nanti di masa depan akan memperkuat kendaraan listrik di Indonesia," kata Nizam.

 Pelaksana Tugas (Plr) Sekretaris Direktorat Jenderal Dikti Ristek, Tjitjik Srie Tjahjandarie menambahkan beberapa cakupan kegiatan dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang akan dilaksanakan di PT INKA (Persero).

"Nantinya, kegiatan tersebut mencakup pengajaran, penelitian, serta pengabdian masyarakat dan kerja sama pelaksanaan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang meliputi kegiatan magang serta praktik mahasiswa, yang Insya Allah PT INKA telah siap," katanya.

Baca juga: INKA dan Perusda Bali sepakat kembangkan transportasi listrik di Bali
 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022