Jakarta (ANTARA News) - Pusat Pendidikan Terbuka Jarak Jauh Asia Tenggara (SEAMOLEC) bersama STP Sahid Jakarta dan Politeknik Negeri Bali merintis kerja sama dengan institusi pendidikan di Thailand.

"Institusi pendidikan di Thailand yaitu Prince of Songkhla University Phuket Campus, Phuket Vocational College, dan Songkhla Vocational College di bidang perhotelan dan pariwisata," kata Direktur SEAMOLEC Gatot Hari Priowirjanto di Jakarta, Kamis.

Kerja sama di bidang perhotelan dan pariwisata, meliputi magang, pertukaran mahasiswa, dan kursus singkat "online.

Gatot Hari Priowirjanto menyampaikan, SEAMOLEC mempunyai tugas untuk meningkatkan kapasaitas sumber daya manusia. Hal ini dilakukan dengan memfasilitasi sinergi lembaga pendidikan.

"SEAMOLEC memfasilitasi dengan sistem pembelajaran jarak jauh supaya persamaan antarnegara terjadi," katanya.

Gatot menambahkan, SEAMOLEC saat ini telah melakukan kerja sama pendidikan jarak jauh (PJJ) dengan Kamboja, Vietnam, Malaysia, Filipina, dalam waktu dekat akan diadakan kerja sama PJJ dengan India.

Ketua STP Sahid Kusmayadi menyampaikan, SEAMOLEC menggandeng STP Sahid dilatarbelakangi kerja sama sebelumnya yaitu mengajarkan program vokasional berkelanjutan SMK Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (SMK RSBI) seluruh Indonesia.

Program ini dilakukan sebagai upaya percepatan dan akselerasi angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi.

"Sudah ada 23 SMK RSBI yang bergabung dengan pendidikan vokasional berkelanjutan untuk bidang pariwisata," katanya.

Rencana program magam dan pertukaran pelajar antara Prince of Songkhla University (PSU) dengan STP Sahid dan Politeknik Negeri Bali (PNB) dimulai di bidang Tourism Management meliputi front office dan house keeping.

PSU akan mengirimkan sebanyak 12 mahasiswanya ke STP Sahid dan PNB pada tahun ini begitu juga sebaliknya. STP Sahid dan PNB akan mengirimkan masing-masing enam mahasiswanya ke PSU Phuket Campus.

"Semua pembiayaan tuitition fee selama belajar di masing-masing partner dibebaskan sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Masing-masing pihak akan menyediakan asrama untuk para mahasiswa.

Adapun program kerja sama dengan Phuket Vocational College dan Songkhla Vocational College adalah di bidang food production dan food service, katanya.

Pihak Thailand juga menginginkan adanya pertukaran pengajar. Diharapkan, lulusan D2 di Phuket Vocational College yang ingin melanjutkan ke S1/D4 STP Sahid dimungkinkan dengan program transfer kredit.

Kemudahan transfer ini dikarenakan program pariwisata sudah memiliki standar kurikulum tingkat ASEAN.

Pada 16 November 2007, Presiden RI mengeluarkan PP No.103 Tahun 2007 tentang pengesahan Asia Tenggara Convention on the Recognition of Studies, Diplomas, and Degrees ini Higher Education in Asia and the Pacific. Konvensi terebut merupakan konvensi yang digagas oleh UNESCO untuk menjamin kesetaraan dan pengakuan pendidikan tinggi, ijazah, dan gelar di kawasan Asia dan Pasifik.
(T.Z003/A023)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011