Di sela-sela NPC, akan ada dua konferensi pers, masing-masing oleh PM Li Keqiang dan Dewan Pemerintahan merangkap Menteri Luar Negeri Wang Yi,
Beijing (ANTARA) - Jumlah anggota legislator China yang bakal mengikuti sidang dua sesi Kongres Rakyat Nasional (NPC) sebanyak 2.951 orang.

Sidang dua sesi itu mulai digelar di Balai Agung Rakyat di Beijing pada Sabtu (5/3).

Presiden China sekaligus pimpinan tertinggi Partai Komunis setempat Xi Jinping bersama Perdana Menteri Li Keqiang dan jajaran pejabat eksekutif bakal menghadiri pembukaan sidang parlemen tahunan yang berlangsung hingga 12 Maret itu.

"Di sela-sela NPC, akan ada dua konferensi pers, masing-masing oleh PM Li Keqiang dan Dewan Pemerintahan merangkap Menteri Luar Negeri Wang Yi," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin kepada ANTARA di Beijing, Rabu.

Sidang dua sesi itu mengagendakan rapat anggota Majelis Penasihat Politik Rakyat China (CPPCC) dan NPC sehingga upacara pembukaan pun dilakukan dua kali seperti tahun-tahun sebelumnya.

Laporan kerja pemerintahan dan rencana pembangunan ke depan juga disampaikan pada sidang parlemen terbesar di dunia dalam segi jumlah anggotanya itu. 

Baca juga: Di sidang parlemen China, PM Li targetkan pertumbuhan ekonomi 6 persen
Baca juga: China klaim negara demokrasi terbesar di dunia
Baca juga: Menembus ring satu Beijing

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022