Bakauheni (ANTARA News) - Kapolres Lampung Selatan AKBP Bahagia Dachi menyatakan, sementara ini arus mudik di Pelabuhan Bakauheni, Provinsi Lampung masih cenderung aman dari aksi kriminalitas.

"Belum ada laporan adanya aksi kejahatan yang menimpa pemudik di pelabuhan sampai saat ini," kata dia di Kalianda, Sabtu dini hari.

Dia mengatakan, pihak kepolisian telah berupaya optimal untuk mengamankan seluruh titik penumpang di pelabuhan tersebut guna menekan aksi kejahatan yang bakal menimpa penumpang.

Kapolres menjelaskan, pihaknya akan meningkatkan pengamanan di pelabuhan tersebut pada saat H-3 ini karena jumlah penumpang diperkirakan akan terjadi lonjakan dalam jumlah besar.

Lonjakan tersebut, katanya, membutuhkan pengamanan lebih sehingga sebagian anggota akan dikonsentrasikan di titik-titik kedatangan dan keberangakatan penumpang seperti terminal.

"Jumlah besar dan akan terus mengalir hingga H-1 atau dua sampai tiga hari kedepan sesuai dengan perkiraan," terangnya.

Selain itu, pengamanan ini merupakan intruksi dari Polda Lampung untuk meningkatkan pengamanan tersebut guna menekan aksi kriminalitas yang mengancam penumpang pada puncak arus mudik.

Lalu, katanya pihaknya juga bersiaga penuh di sepanjang jalur mudik dari Pelabuhan Bakauheni menuju kota Bandarlampung karena potensi terjadinya kecelakaan sangat besar.

"Kami telah memeritahkan satuan lalu lintas untuk bersiaga penuh pada puncak arus mudik," katanya.

Dia mengharapkan kepada pemudik untuk berhati-hati agar tidak menjadi korban kajahatan serta menjaga barang bawaan dan keluarganya agar tidak terpisah karena padatnya penumpang.

Selain itu, untuk di sepanjang jalur mudik hendaknya pengendara roda dua dan roda empat hati-hati dengan mengontrol kecepatan kendaran agar tidak membayakan diri dan orang lain terutama di sepanjang jalan lintas Sumatera ruas Pelabuhan Bakauheni-Bandarlampung. (ANT-048/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011