Jakarta (ANTARA News) - Kepala terminal Pulogadung, Jakarta Timur, H Muhammad Nur mengatakan bahwa arus mudik di terminal tersebut hingga H-3 Lebaran masih lancar.

"Sampai saat ini kondisi arus mudik masih lancar dan stabil, padahal kita memprediksikan hari ini adalah puncak arus mudik," kata H Muhammad Nur di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, Sabtu.

Muhammad Nur mengatakan, meskipun H-3 diprediksi sebagai sebagai puncak arus mudik seperti tahun sebelumnya, tapi tidak terlihat adanya penumpukan penumpang. Selain itu arus kendaraan juga lancar.

"Memang dibandingkan tahun lalu pada hari yang sama ada peningkatan penumpang. Tapi alhamdulillah masih lancar dan stabil, kita masih bisa menetralisir disamping mengatur bus-bus," katanya.

ANTARA yang memantau di Terminal Pulogadung melaporkan bahwa walaupun terlihat padat oleh pemudik tapi tidak peningkatan jumlah armada angkutan secara signifikan.

Menurut Muhammad Nur, meski ada pemudik yang terlihat menumpuk hal itu karena mereka masih menunggu kendaraan favorit mereka yaitu bus Sinar Jaya.

"Dari hasil pantauan kami di lapangan, penumpang menunggu bus Sinar Jaya, jika tidak ada bus itu mereka tidak akan naik," tambahnya.

Pada Jumat (26/8) atau H-4, Terminal Pulogadung telah memberangkatkan 270 bus dan 7.656 penumpang. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan hari yang sama pada 2010 yaitu 169 bus dan 4.682 penumpang.

Sementara dari segi keamanan, hingga H-3 jumlah kejahatan umum seperti copet, hipnotis dan sebagianya masih tercatat nihil di pos keamanan terpadu Terminal Pulogadung.

(D016/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011