Pelanggan KA di Daop 8 Surabaya pada hari ini masih didominasi pelanggan KA lokal
Surabaya (ANTARA) - Jumlah penumpang kereta api menjelang libur Hari Raya Nyepi pada Kamis (2/3/2022) di sejumlah stasiun Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya, Jawa Timur, terpantau normal, kata pejabat PT KAI Daop 8 Surabaya.

"Pelanggan KA di Daop 8 Surabaya pada hari ini masih didominasi pelanggan KA lokal. Dari jumlah total 17.515 pelanggan, 13.445 pelanggan KA lokal, sementara 4.070 pelanggan KA jarak jauh," kata Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif di Surabaya, Jatim, Rabu.

Ia mengatakan pada periode 2-6 Maret 2022 saat masa libur Nyepi, Daop 8 Surabaya mengoperasikan 35 KA jarak jauh dengan jumlah kapasitas tempat duduk 15.391 per hari.

Luqman memastikan seluruh pelanggan KA jarak jauh telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan pemerintah sesuai Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub) Nomor 97 Tahun 2021.

Di antaranya, pelanggan usia 12 tahun ke atas wajib vaksin (minimal dosis pertama), seluruh pelanggan (tanpa batasan usia) wajib memiliki bukti pemeriksaan antigen (1x24 jam) atau RT-PCR (3x24 jam) dengan hasil negatif, dan anak usia di bawah 12 tahun wajib didampingi orangtua.

"Kami mengimbau kepada pelanggan yang akan melaksanakan rapid-test antigen di stasiun, meluangkan waktu setidaknya dua jam sebelum keberangkatan KA," katanya.

Ia mengatakan Daop 8 Surabaya senantiasa mengikuti dan mematuhi seluruh ketentuan dari pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19 di transportasi KA.

"Komitmen untuk mewujudkan perjalanan KA yang sehat juga terus kami lakukan melalui penerapan aturan yang ketat pada seluruh pengguna jasa baik di stasiun dan selama perjalanan KA berlangsung," tuturnya.

Sementara itu, PT KAI Daop 8 Surabaya juga menyediakan layanan rapid-test antigen di 11 stasiun, yakni Stasiun Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Lamongan, Wlingi, Sidoarjo, Mojokerto, Bojonegoro, Wonokromo, Kepanjen, dan Babat.

Baca juga: KAI Daop 8 Surabaya tambah layanan "Lost and Found" bagi pelanggan
Baca juga: Daop 8 Surabaya hadirkan tarif khusus KA jarak jauh mulai Rp50 ribu
Baca juga: Daop Surabaya layani 421.179 pelanggan selama Natal dan tahun baru

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022