New York (ANTARA News) - Lebih dari satu juta orang telah mengungsi dari garis pantai New Jersey menjelang kedatangan topan Irene Sabtu nanti, kata Gubernur negara bagian Chris Christie.

"Lebih dari sejuta orang" mematuhi perintah evakuasi dan pergi ke pedalaman, termasuk 98 persen penduduk Cape May, tempat terisolasi dalam jalur topan, kata Christie dalam konferensi pers yang disiarkan televisi, lapor AFP.

Dia mengatakan resor perjudian Atlantic City berisiko menerima hantaman serius dan bahwa upaya terakhir akan dilakukan untuk membujuk sekitar 600 lansia yang masih ada di sana agar pergi.

"Kami melakukan upaya terakhir di Atlantic City untuk mencoba meyakinkan orang-orang ini bahwa pada kenyataannya mereka perlu menyingkir," kata Christie, menambahkan bahwa tak seorang pun akan ditangkap atau sebaliknya dipaksa.

Dalam gaya terus terangnya yang khas, Christie Jumat mengatakan kepada para pelancong di pantai populer itu agar "meninggalkan pantai secepatnya."

Irene diperkirakan akan menghantam area perkotaan New Jersey dan New York pada malam hari, mencapai kekuatan penuh Minggu, sebelum bergerak ke utara. (K004)

Penerjemah: Kunto Wibisono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011