Jakarta (ANTARA News) - Timnas Merah Putih mengalami kekalahan tipis 0-1 dari tuan rumah Jordania pada pertandingan uji coba internasional di Amman, Jordania, Minggu dini hari.

Gol kemenangan tuan rumah dicetak oleh Abdullah Deeb pada menit 49 melalui tendangan sepak pojok yang langsung masuk ke gawang Markus Haris Maulana.

Timnas yang pada pertandingan uji coba ini menggunakan kostum putih-hijau-hijau ini selaku tim tamu langsung berusaha melakukan penetrasi ke pertahanan tim tuan rumah.

Dalam menyerang, Indonesia yang kalah dalam postur tubuh memperagakan umpan dari kaki ke kali dan diakhiri tendangan yang salah satunya dilakukan Christian Gonzales. Hasilnyapun cukup merepotkan barisan pertahanan Jordania.

Peluang emas terjadi pada menit 17. Umpan dari Christian Gonzales langsung disambut M Ridwan dan lanjutkan "solo run" langsung ke gawang lawan. Sayang tendangannya masih melenceng tipis di gawang Jordania.

Lawanpun tidak tinggal diam, serangan demi serangan terus dilakukan. Unggul dalam postur tubuh, Jordania menggunakan umpan-umpang panjang. Berkat pertahanan yang solid dan cemerlangnya Ferry Rotinsulu gawang Indonesia tetap aman.

Meski bermain cemerlang, penjaga gawang Sriwijaya FC itu terpaksa harus digantikan oleh Markus Haris Maulana pada menit 30 karena mengalami cedera lutut kanannya.

Timnas yang diproyeksikan turun di Pra-Piala Dunia 2014 terus memberikan perlawanan. Melalui tusukan dari M Ilham beberapa peluang terjadi. Seperti pada menit 40 umpang silang pemain Persija itu disambut M Ridwan. Namun, tendanganya mampu diblok kiper lawan. Kondisi 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua kedua tim secara bergantian memberikan tekanan. Hanya saja tim tuan rumah memberikan tekanan bertubi-tubi, sehingga sering membuat pertahanan timnas yang dimotori Hamka Hamzah kerepotan.

Petakan bagi timnas Merah Putih terjadi pada menit 49. Lewat tendangan sepak pojok pemain Yordania, Abdullah Deeb bola langsung masuk ke gawang Markus Haris Maulana. Dengan demikian, anak asuh Wim Rijsbergen tertinggal 0-1.

Kondisi tertinggal pelatih asal Belanda itu melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar M Ridwan dan M Ilham. Kedua pemain ini digantikan oleh Oktovianus Maniani dan Irfan Bachdim. Kondisi serupa juga terjadi di tim lawan.

Pergantian pemain ini membuat pola serangan timnas Merah Putih sedikit berubah. Serangan yang sebelumnya berasal dari samping saat ini dikombinasikan dengan serangan dari tengah.

Karena uji coba ini bertujuan melihat kemampuan pertahanan pada menit 85, Bambang Pamungkas ditarik keluar dan digantikan oleh Supardi yang merupakan pemain belakang.

Pertahanan timnaspun semakin kuat. Terbukti hingga peluit panjang tanda pertandingan usai ditiup wasit kedudukan tetap 0-1 untuk keunggulan tuan rumah Jordania.

Pada pertandingan ini skud timnas adalah Ferry Rotinsulu/Markus Haris Maulana (gk), Zukifly Syukur, M Roby, Hamka Hamzah, Beny Wahyudi, Firman Utina, Tony Sucipto/Eka Ramdani, M Ilham/Irfan Bachdim, M Ridwan/Oktovianus Maniani, Bambang Pamungkas/Supardi dan Christian Gonzales/Ferdinan Sinaga.

Setelah pertandingan ini Bambang Pamungkas dan kawan-kawan akan menjalani pertandingan resmi Pra-Piala Dunia 2014 melawan tuan rumah Iran di Teheran, 2 September nanti.

(T.B016/C004)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011