Sana`a (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Sebanyak dua gerilyawan oposisi tewas dan empat lagi cedera, Sabtu (27/8), dalam bentrokan dengan pasukan pemerintah di provinsi yang mudah bergolak di Yaman selatan, Taiz, kata beberapa saksi mata dan sumber medis.

Bentrokan tersebut terjadi saat fajar Sabtu di permukiman Zaid al-Moushki dan Raoda di pusat kota Taiz, kota terbesar kedua di negeri tersebut, antara pasukan elit pemerintah Pengawal Republik dengan anggota suku oposisi yang bersenjata pimpinan oposisi yang berikrar "akan melindungi protes tujuh-bulan".

Dua gerilyawan tewas dalam bentrokan saat pemboman acak yang menghantam permukiman Zaid al-Moushki dan Raowda melukai dua perempuan dan dua anak kecil, kata beberapa dokter dan saksi mata kepada Xinhua --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Ahad.

Taiz, sekitar 200 kilometer di sebelah selatan ibu kota Yaman, Sana`a, menghadapi bentrokan mematikan antara pendukung Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh dengan penentangnya, sehingga menewaskan ratusan orang dari kedua pihak selama beberapa bulan belakangan.

Peningkatan baru terjadi setelah ambruknya gencatan senjata rapuh ketiga pekan keempat Agustus antara gerilyawan koalisi oposisi Partai Pertemuan Bersama dan pasukan elit Saleh, Pengawal Republik, kata beberapa pejabat di komite penengahan. (C003)
   

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011