Bogor (ANTARA News) - Arus lalu lintas di kawasan Puncak dan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mulai padat pada Senin sore akibat aktivitas di Pasar Cisarua dan Pasar Ciawi. Diperkirakan kepadatan makin meningkat 
meningkat usai Magrib, saat masyarakat merayakan takbir lebaran.

Untuk mengantisipasi kemacetan, petugas Pos PAM dan Satlantas Polres Bogor dikerahkan untuk mengatur arus lalu lintas.

"Seluruh petugas Pos PAM akan turun semuanya, begitu juga Satlantas ada 250 personel yang telah kami siapkan mengatur arus pada malam takbiran," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Syarif Zainal Abidin.

Agar tidak terjadi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, Kasat mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat berkendaraan.

"Patuhi rambu-rambu, sabar dan ikuti antrean serta arahan dari petugas di lapangan," kata Kasat.

Kepadatan kendaraan sudah terjadi pada Senin pagi, dan untuk mengantisipasi kemacetan, Satuan Lalu Lintas Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah.

"Sekitar pukul 09.30 WIB arus tersendat akibat aktivitas di Pasar Cisarua, sistem satu arah diberlakukan. Tepat pukul 10.45 WIB jalur kembali normal," kata petugas TMC Pos Polisi Gadog Briptu Budi.

Kepadatan arus kembali terjadi pukul 11.25 WIB, dan petugas kembali memberlakukan sistem satu arah hingga pukul 14.10 WIB arus kembali normal.

Menurut Briptu Budi, kepadatan arus disebabkan aktivitas masyarakat di Pasar Cisarua. Masyarakat banyak beraktivitas di pasar untuk memenuhi kebutuhan berlebaran yang akan berlangsung Selasa (30/8).

Selain di kawasan Puncak, kepadatan serupa juga terjadi di Simpang Ciawi yang juga disebabkan oleh aktivitas pasar tumpah.(ANT/KR-LR)    

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011