Bengkulu (ANTARA News) - Warga Muhammadiyah di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, menggelar malam takbiran menyambut hari raya Idul Fitri 1432 Hijriah di sejumlah masjid.

Takbiran pada Senin malam terlihat berlangsung di beberapa masjid Muhammadiyah dalam Kota Bengkulu yang berlokasi di Jalan Suprapto, Jalan Pendakian, Jalan Sumatera dan Jalan Bakti Husada.

"Kami menggelar malam takbiran menyambut hari raya Idul Fitri 1432 Hijriah setelah melaksanakan shalat Isya berjamaah di Masjid Ruhul Islam Kelurahan Sukamerindu," kata Wali kota Bengkulu Ahmad Kanedi.

Ia menjelaskan, warga Muhammadiyah Kota Bengkulu mengikuti malam takbiran yang dilaksanakan mulai pukul 20.00 WIB hingga 21.30 WIB.

"Meski ada perbedaan penetapan 1 Syawal 1432 Hijriah antara pemerintah dengan Muhammadiyah, saya meminta hal tersebut hendaknya tidak menjadi masalah dan tetap mempererat tali silaturahmi," katanya.

Sementara itu, Wali kota bersama warga Muhamadiyah Kota Bengkulu akan melaksanakan Shalat hari raya Idul Fitri 1432 Hijriah Selasa (30/8) di Jalan Suprapto Kota Bengkulu, mulai pukul 07.15 WIB.

Selain di Jakan Suprapto, warga Muhamadiyah Kota Bengkulu juga akan melaksanakan Shalat Idul Fitri 1432 Hijriah di beberapa lokasi lainnya, yakni Jalan Sumatera, Kampus STIKES Jalan Hibrida, Kampus Universitas Muhammadiyah Bengkulu di Kampung Bali dan di Jalan Salak Raya Kota Bengkulu.

Sementara itu, ratusan lokasi disiapkan untuk pelaksanaan shalat hari raya Idul Fitri di Kota Bengkulu pada 1 Syawal 1432 Hijriah pada Rabu 31 Agustus 2011.

"Berdasarkan data, umat muslim di daerah ini sudah menyiapkan sekitar 400 lokasi yang akan digunakan untuk pelaksanaan shalat hari raya Idul Fitri," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bengkulu Zainal Abidin.

Pada 1 Syawal 1432 Hijriah nanti shalat hari raya Idul Fitri berjamaah akan berlangsung di 363 masjid dan puluhan lapangan mulai pukul 07.15 WIB.

Ia mengatakan, meskipun jumlah lokasi yang akan digunakan untuk tempat shalat hari raya Idul Fitri berjumlah 400 lokasi namun tidak semua pengurus masjid dan panitia di daerah itu yang melapor kepada mereka.

"Tidak semua melaporkan lokasi yang digunakan sebagai tempat shalat hari raya Idul Fitri padahal kami memerlukan untuk mendata dan mengetahui siapa Imam dan khatibnya. Tahun kemarin saja hanya 156 masjid yang terdaftar," katanya.

Adapun lokasi yang digunakan sebagai tempat shalat hari raya Idul Fitri khusus Pemerintah Kota Bengkulu yakni Masjid Jamik Akbar At-Taqwa di Kelurahan Anggut Bawah, dengan khatib yang direncanakan yakni Junni Muslimin dan Imam Paimat Solihin. (*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011