Cireundeu,Tangerang Selatan (ANTARA News) - Sekitar seribu warga Muhammadiyah melaksanakan shalat Idul fitri (Ied) 1 Syawal 1432 H di pelataran Plaza Universitas Muhamadiyah Jakarta (UMJ) kawasan Cireundeu Tangerang Selatan, Selasa.

Para jamaah yang mengikuti shalat Ied datang dari wilayah Ciputat dan sekitarnya tampak sudah memadati lingkungan kampus UMJ sejak pukul 6 pagi, mereka datang dengan menggunakan kendaraan pribadi dan berjalan kaki.

Shalat Ied yang dimulai pada pukul 7.15 WIB itu dipimpin oleh Imam sekaligus khatib Ir.Haji Haikal Jauhari Msi.

Perbedaan penentuan penetapan 1 Syawal tidak menyurutkan semangat para jamaah yang berlebaran hari ini dengan tetap menghormati mereka yang masih berpuasa. Tampak pula puluhan aparat kepolisian berseragam dari polsek setempat yang menjaga jalannya shalat Ied di lingkungan kampus UMJ itu.

Sementara itu dalam khutbahnya, khatib mengingatkan banyak kaum muslimin yang mematok Idul fitri itu sebagai puncak kemenangan. "Kita tidak boleh menganggap idul fitri sebagai sebuah puncak karena dari kemenangan itu yang sulit adalah mempertahankannya," katanya.

Makna kemenangan adalah berupa kemenangan yang taqwa yang ciri-cirinya antara lain adalah memiliki sifat pemurah, pemaaf, merasakan pengawasan dari Allah SWT,  dan sabar.

Sebagai penutup khatib berpesan kepada para jamaah bahwa apabila keempat karakter tadi, sudah menjadi bagian dari karakter kita maka hal itu akan menimbulkan dampak yang dahsyat untuk menghadapi segala permasalahan bangsa seperti pertikaian, perselisihan korupsi dan nepotisme,.
(yud)

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011