Pada tahun 50-60-an, kultur 'enterpreneurship' Bugis dan Makassar sanga kuat, dan itu menguasai bidang-bidang ekonomi.
Makassar (ANTARA) - Ketua Keluarga Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin (Unhas) M Jusuf Kalla (JK) mendorong para alumni untuk membangkitkan kultur kewirausahaan (entrepreneurship) yang mulai hilang belakangan ini.

"Pada tahun 50-60-an, kultur 'enterpreneurship' Bugis dan Makassar sanga kuat, dan itu menguasai bidang-bidang ekonomi. Dan saat ini sudah sangat menurun dibandingkan masa lalu," katanya saat membuka Mubes IKA Unhas sekaligus pamit menjadi ketua yang sudah diduduki 25 tahun terakhir di Makassar, Jumat. Mantan Wakil Presiden itu dalam kesempatan ini ikut menyinggung banyaknya lahan di Makassar yang dikuasai developer dari Jakarta.

Begitupun siapa yang menguasai lahan seperti di Pantai Losari dan Pasar Sentral Makassar.

Melihat kondisi itu maka ia mengarahkan para calon pemimpin ketua IKA Unhas dan para pemimpin daerah agar selalu mendahulukan kepentingan nasional, daerah. Bukan hanya kepentingan usaha.

“Sehingga menjadikan kita terkuasai, terkendala. Saya minta para alumni, pimpinan daerah termasuk gubernur untuk betul-betul mendahulukan pengusaha daerah untuk menjalankannya,” katanya.

"Karena apalagi tidak, maka kita hanya akan menjadi pekerja oleh orang-orang (pengusaha) yang datang ke Makassar,"  demikian M Jusuf Kalla.

Baca juga: JK sebut penundaan Pemilu langgar konstitusi

Baca juga: JK berbagi pengalaman perdamaian di peluncuran Puslitbang CPCD Unhas

Baca juga: Jusuf Kalla resmikan "JK Arenatorium Unhas"

Baca juga: Jusuf Kalla ikuti Reuni Akbar Virtual Ikatek Unhas


Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022