Jayapura (ANTARA News) - Kapten tim kesebelasan Persidafon Dafonsoro, Eduard Ivakdalam menilai kemampuan yang dimiliki rekannya Patrick Wanggai bisa menjadi jaminan jika penyerang tim asal kabupaten Jayapura itu akan menjadi pemain masa depan Papua dan timnas.

"Saya yakin dimusim mendatang Patrick Wanggai akan kian bersinar, dia adalah pemain muda yang produktif. Bahkan, perannya didalam tim ini menjadi sangat penting," katanya.

Menurut Eduard Ivakdalam, salah satu bukti jika Patrick Wanggai yang juga mantan pemain PON Papua Barat itu memiliki masa depan yang cerah dalam karir sepak bolanya adalah, ia menjadi satu-satunya pemain lokal yang bisa bersaing dengan penyerang asing dalam perburuan top skor di Kompetisi Divisi Utama lalu.

"Meski usianya masih muda, namun saya rasa kemampuannya dan naluri golnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Dia selalu menjadi ancaman bagi gawang lawan jika dibiarkan bebas di kotak penalti lawan," ujarnya.

Namun menurut mantan kapten Persipura itu, Patrick Wanggai masih harus belajar mengendalikan diri dan tidak cepat terpancing emosi. Sebab, jika hal itu sudah bisa dilakukan Patrick Wanggai, maka bukan tidak mungkin dimusim depan ia akan menjadi bintang baru di dunia sepak bola Indonesia.

"Saya memaklumi jika Patrick masih memiliki temperamen yang tinggi saat di lapangan karena usianya masih muda. Namun, bagaimanapun dia harus belajar mengedalikan diri. Saya sebagai seniornya selalu memberikan masukan kepadanya agar tidak mudah terpancing emosi," tambah Eduard Ivakdalam.

Dia juga berharap, dengan dipanggilnya Patrick Wanggai mengikuti seleksi Timnas U-23 yang dipersiapkan untuk SEA Games akhir tahun mendatang, akan membuat mental bermainnya bisa kian matang.

"Banyak pemain bagus di Papua, salah satunya adalah Patrick Wanggai," katanya.
(T.KR-MBK/A020)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011