Jakarta (ANTARA News) - Pengelola taman hiburan Ancol Taman Impian (Ancol) menargetkan selama sepekan libur Lebaran tanggal 27 Agustus hingga 4 September 2011 bisa mendapat kunjungan 1,5 juta wisatawan atau 10 persen lebih tinggi dari jumlah pengunjung selama liburan Lebaran tahun lalu.

"Kami menyiapkan serangkaian program dan wahana hiburan baru untuk menarik minat lebih banyak pengunjung selama libur Hari Raya Idul Fitri 1432 Hijriyah," kata Metty Yan Harahap dari Departemen Corporate Plan Ancol di Jakarta, Rabu,

Menurut Metty, pengelola taman rekreasi itu antara lain menyediakan wahana baru seluas 33,6 hektare yang disebut Ocean Ecopark.

Wahana baru tersebut antara lain mencakup mencakup taman flora dan fauna, fasilitas permainan "paintball" seluas 1,5 hektare dengan kapasitas 200 orang dalam satu kali permainan, dan wahana "outbound" dengan flying fox sepanjang 48 meter.

"Mulai 25 Agustus 2011 juga ada pertunjukan parade `Fantastique Magic Fountain Show` di wahana terbaru itu," kata dia.

Parade "Fantastique Magic Fountain Show" antara lain meliputi pertunjukan teater bertema cerita rakyat Timun Mas dan Buto Ijo yang digelar bekerja sama dengan seniman kenamaan N. Riantiarno, Ratna Riantiarno, dan Djaduk Ferianto.

Bersama dengan penyelenggara Jember Fashion Carnaval (JFC), Ancol juga menggelar karnafal fesyen dengan 80 peserta yang selama 3-10 September 2011 setiap pukul 17:00 WIB akan bergerak dari Plaza Dunia Fantasi menuju ke Ocean Ecopark.

Selain itu, ada pula atraksi musik, perkusi, marching band dan nyanyian dalam "Singer and Fashion Carnival Show" di Hall Rama Shinta serta Parade Akbar Dunia Fantasi di kawasan Dunia Fantasi.

Metty menjelaskan pula bahwa untuk memudahkan akses pengunjung menuju Ancol, selama liburan Lebaran pengelola Ancol menjalin kerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia dan Transjakarta Busway.

Kerjasama itu berupa penambahan jam operasional pelayanan moda Transjakarta khusus jalur menuju Ancol dan beberapa koridor terkait lainnya mulai dari 31 Agustus 2011 hingga 4 September 2011 hingga pukul 22.00 WIB.

Sementara PT. Kereta Api Indonesia mulai 31 Agustus 2011 hingga 4 September 2011 tetap melayani jalur komuter Ancol untuk wilayah Bekasi?Ancol-Tanjung Priuk.

Pengelola Ancol berharap aneka program dan wahana hiburan ditambah kemudahan akses transportasi dapat menarik lebih banyak pengunjung untuk menghabiskan masa liburan di taman rekreasi yang terletak di Jakarta Utara itu.(T.M035)





Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011